Wajib Tahu! Inilah Prinsip Dasar Asuransi Syariah Sesuai Dengan Ketetapan Islam

Prinsip Dasar Asuransi Syariah

Bagi anda yang belum mengetahui tentang bagaimana penerapan prinsip dasar asuransi syariah yang telah diterapkan sesuai dengan hukum Islam, yuk simak ulasannya berikut ini! ). Pada umumnya memang tidak semua orang yang sepakat atau menerima penerapan aturan prinsip dari asuransi, terutama pada asuransi konvensional yang belum sepenuhnya menjalankan dan memegang prinsip asuransi berbasis syar’i. Namun Anda tidak perlu khawatir karena saat ini telah hadir produk asuransi yang berbasis syar’i dengan menerapkan prinsip dasar asuransi syariah yang sudah sesuai dengan hukum agama Islam.

Tentunya jenis produk asuransi syariah telah menjalankan prinsip – prinsip Syariah yang berlandaskan pada ajaran agama islam, dimana kehadirannya telah disambut baik oleh banyak masyarakat untuk memberikan proteksi terhadap adanya resiko pelanggaran tertentu yang dijalankan sesuai dengan syariat Islam. Namun apa saja prinsip – prinsip yang menjadi landasan penerapan dari asuransi syariah? Untuk itu yuk simak penjelasannya berikut ini!

Penerapan Prinsip Dasar Asuransi Syariah Beserta Akadnya

Agar Anda lebih memahami apa saja prinsip yang dijalankan oleh produk asuransi syariah, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Menjalankan Prinsip Tauhid

Menjalankan prinsip tauhid menjadi salah satu prinsip utama yang harus dijalankan oleh produk asuransi syariah dimana hal ini telah disesuaikan dengan landasan agama islam. Artinya dalam menjalankan asuransi terdapat niat dasar untuk memiliki asuransi bukan hanya mencari keuntungan saja, namun juga harus menerapkan ajaran islam. Oleh karena itu untuk setiap tindakan dasar dalam asuransi syariah harus mencerminkan nilai – nilai ke – Tuhanan.

Selain itu tujuan dari asuransi jenis ini memiliki manfaat yang lebih mulia seperti gotong royong dan tolong menolong antar sesama, itulah mengapa prinsip inilah yang paling membedakan asuransi syariah dengan asuransi konvensional.

Mengamalkan Prinsip Keadilan

Selain itu dalam asuransi syariah juga menerapkan prinsip keadilan, dimana untuk para nasabah atau anggota dan semua pihak dari perusahaan asuransi harus saling bersikap adil terhadap satu sama lain dan akan terikat dengan akad asuransi yang telah ditetapkan. Artinya kedua belah pihak dalam asuransi harus bersikap adil dengan hak dan kewajibannya masing – masing, jadi tidak akan ada pihak yang menzalimi atau terzalimi atas kesepakatan dalam asuransi tersebut.

Menerapkan Prinsip Tolong Menolong Ta’awun Antar Anggota

Prinsip dasar asuransi syariah yang diterapkan selanjutnya adalah prinsip tolong menolong atau ta’awun antar sesama anggota, artinya dalam prinsip ini tidak nasabah atau anggota tidak diperkenankan mementingkan atau mencari keuntungan untuk diri sendiri.

Jadi setiap anggota harus saling tolong menolong dan membantu, misalnya jika terdapat salah satu anggota terkena musibah dan mengajukan klaim asuransi maka prinsip inilah yang akan dipegang untuk membantu. Oleh karena itu mengapa dalam jenis asuransi syariah ini pihak asuransi hanya berperan sebagai pengelola dana milik dari anggota saja.

Dilandasi Dengan Prinsip Amanah

Jenis produk asuransi syariah tentunya akan berlandaskan pada prinsip amanah, dimana pihak perusahaan asuransi yang berperan sebagai pengelola dana dari nasabah harus bersikap amanah atau bisa dipercaya. Oleh karena itu mengapa prinsip ini telah diwujudkan dalam nilai – nilai akuntabilitas atau berupa pertanggungjawaban dari perusahaan asuransi melalui penyajian laporan keuangan untuk setiap periodenya.

Nah itulah beberapa prinsip dasar asuransi syariah yang telah diterapkan sesuai dengan ajaran dan hukum agama Islam yang berlaku, semoga menjadi manfaat dunia akhirat.

 

 

Artikel Terkait:   Inilah Daftar Jenis Produk Asuransi Takaful!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *