gejala sosial akibat penyimpangan sosial

gejala sosial akibat penyimpangan sosial

 

Lingkungan pergaulan
Lingkungan pergaulan sangat berperan dalam pembentukan sikap dan perilaku seseorang. Umumnya dalam bergaul seseorang akan mengamati lingkungan kelompoknya. Menurut Edwin H. Sutherland telah terjadi proses alih budaya (cultural transmission) dari kelompok orang yang menyimpang kepada individu tersebut.

2. Dorongan Ekonomi
Dorongan ekonomi seseorang mampu menjadi faktor penyebab munculnya penyimpangan. Pada dasarnya setiap orang mempunyai harapan-harapan untuk mempunyai penghidupan yang lebih baik terutama dalam hal ekonomi.
3. Keinginan untuk dipuji
Dengan pujian, keberadaan kita sebagai manusia diakui, harga diri dan martabat menjadi meningkat. Oleh karena itu, seseorang mampu melakukan apapun untuk mendapatkan pujian termasuk melakukan penyimpangan sosial.

4. Pelabelan atau pemberian julukan
Faktor pelabelan pertama kali di ungkapkan oleh Edwin M. Lemert dalam teori pelabelan. Menurutnya seseorang melakukan perilaku menyimpang diberi cap (label negativ) oleh masyarakat. Gangguan jiwa atau mental
Kondisi mental yang terganggu menjadikan seseorang tidak mampu lagi memahami nilai dan norma yang ada.Akibatnya setiap perilaku yang dilakukan berupa penyimpangan sosial.

6. Pengaruh media masa
Melalui media masa,wawasan dan pengetahuan akan dunia luar akan semakin bertambah.Namun,tidak dapat dimungkiri keberadaan media masa mampu memberi pengaruh buruk terutama anak-anak.

Artikel Terkait:   paragraf tersebut menggunakan pola pengembangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *