proses produksi pembuatan kerajinan wayang kulit yang pertama adalah…

Proses produksi pembuatan kerajinan wayang kulit yang pertama adalah

A.perendaman kulit

B.Pemberian air kapur pada kulit

C.pengerokan rambut pada kulit

D.pembersihan dan pengeringan kulit

E.pemotongan sesuai pola​

 

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah :

D.pembersihan dan pengeringan kulit.

 

Berikut ini penjelasannya:

 

Untuk cara pembuatan wayang kulit yaitu:

 

Membersihkan kulit.

Pilih kulit-kulit yang berkualitas terlebih dahulu kemudian memisahkan kelebihan daging dan lemak yang menempel pada kulit yang akan digunakan. Gunakan bidang bersegi empat yang dibuat dari batang buluh atau kayu untuk memudahkan pemilihan kulit.

 

Menjemur kulit.

Setelah kulit dibersihkan dengan baik, kulit dijemur selama dua atau tiga hari hingga kering. Lamanya proses pengeringan tergantung dengan keadaan cuaca. Sebaiknya kulit dijemur di tempat yang jauh dari rumah agar dapat menghindari bau busuk dan tidak mengganggu sekitar area rumah. Apabila kulit sudah cukup kering, kulit dapat dikikis dengan menggunakan pisau raut.

 

Basuh kulit.

Apabila kulit sudah dikikis lagi dan bersih dari bulu, kulit kemudian dibasuh dan dijemur kembali untuk kedua kalinya. Kali ini kulit dijemur hingga benar-benar kering agar bisa mulai membuat patung wayang kulit.

 

Buat sketsa.

Sebelum mulai membuat wayang, buatlah sketsa terlebih dahulu di atas kertas putih. Buatlah karakter wayang kulit yang menarik sesuai dengan karakter wayang kulit melayu kuno namun harus berdasarkan kreativitas dan keterampilan agar tokoh wayang yang dihasilkan halus dan menarik.

 

Atur pola dan motif.

Pola dan motif wayang diatur sesuai dengan karakter yang ingin dibuat misalnya wayang Perancis memiliki panjang sekitar 71 cm dan lebar kurang dari 30 cm. Setelah jadi, sketsa selanjutnya dipotong kemudian ditempelkan ke kulit yang sudah disiapkan sebelumnya dengan menggunakan lem. Namun lem yang digunakan haruslah yang larut dalam air atau terbuat dari pati.

 

Pahat kulit.

Kulit yang telah ditempelkan dengan kertas kemudian dipahat mengikuti pola yang telah dibuat. Setelah selesai memahat, lepaskan kertas secara perlahan dari kulit atau bisa juga dengan dicuci. Beberapa pembuat wayang juga menggunakan air dan berus tembaga halus dengan cara digosok untuk membersihkan kertas yang masih menempel pada kulit.

 

Keringkan kulit yang sudah bersih.

Kulit yang sudah bersih dari kertas kemudian dibiarkan hingga mengering. Setelah itu kulit akan diperkuat dengan menggunakan bambu. Bambu akan didirikan dan diikat tegak di bagian tengah patung wayang namun harus menggunakan bambu yang berbentuk bulat pipih.

 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah d.pembersihan dan pengeringan kulit.

Artikel Terkait:   bahan yang dapat dilewati arus listrik adalah