sebutkan jenis dan karakteristik kerajinan tekstil
sebutkan jenis dan karakteristik kerajinan tekstil

sebutkan jenis dan karakteristik kerajinan tekstil

sebutkan jenis dan karakteristik kerajinan tekstil

 

Jenis dan Karakteristik

Berikut adalah jenis dan karakteristik kerajinan tekstil

  • Kerajinan Batik

Kerajinan batik adalah kerajinan tekstil yang paling populer. Kerajinan batik biasanya dibuat di atas kain putih polos yang cukup tipis menggunakan malam yang lalu dilarutkan dalam air panas. Kerajinan ini dibuat dengan tangan dan peralatan sederhana seperti canting dan lilin batik, namun bisa juga dibuat dengan cara dicetak. Coraknya memiliki makna simbolik dengan objek  variasi hias motif ular, pagoda, geometris, serta barong. Setelah dilukis, kain batik bisa diwarnai dengan menggunakan teknik tutup celup. Kain batik menjadi salah satu budaya warisan Indonesia yang dapat dibanggakan.

 

  • Kerajinan Sulam

Kerajinan sulam, juga sering disebut dengan kerajinan bordir adalah kerajinan tekstil yang dibuat di kain atau bahan lain dengan menggunakan jarum dan benang. Corak yang dibuat bermacam-macam namun umumnya berbentuk bunga atau hewan. Selain itu, kita bisa menambahkan manik-manik, logam, atau payet untuk mempercantik tampilan. Ada berbagai macam jennis kerajinan sulam seperti sulam terawang, timbul, datar, dan lain-lain.

 

  • Kerajinan Tenun

Seperti kerajinan batik, kerajinan tenun juga salah satu budaya warisan Indonesia. Ada beberapa daerah di Indonesia yang memproduksi kerajinan tenun dengan ciri khas dan karakteristiknya masing-masing. Contohnya adalah corak binatang yang ada di kain tenun dari daerah Sumba.

 

  • Kerajinan Jahit Perca

Kerajinan jahit perca dibuat dengan memanfaatkan potongan kain perca yang sudah tidak digunakan. Berbagai potongan kain perca dapat dijahit dan dibentuk berdarkan pola tertentu. Contoh kerajian jahit perca adalah sarung bantal, selimut, dan lain-lain.

 

  • Kerajinan Jahit Tindas

Kerajinan ini dilakukan dengan menghias permukaan kain dengan cara menjahit kain dengan bahan pelapis. Teknik jahitan ini menumpuk dan menjahit bahan kain yang ada dan biasanya digunakan untuk membuat produk selimut.

Artikel Terkait:   jenis musik ansambel berdasarkan strukturnya

 

  • Kerajinan Makrame

Makrame adalah jenis kerajinan simpul yang menyambungkan untaian benang dari awal hingga menjadi satu produk kain. Hasil dari kerajinan ini memiliki fungsi, kekuatan, dan keunikan yang berbeda-beda. Ketahanannya juga tergantung pada bahan yang digunakan, semakin kuat maka produk mempunyai kualitas yang semakin bagus.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.