Inilah 5 Cara Bank Menentukan Limit Kredit Pengguna!

Limit kredit adalah adalah jumlah maksimum yang diberikan oleh sebuah Bank kepada pengguna debitur. Tentu saja Bank memiliki caranya sendiri dalam menentukan limitnya. Lalu bagaimana cara Bank menentukan limit kredit pengguna? Berikut ini akan kami jelaskan.

Inilah Cara Bank Menentukan Limit Kredit Pengguna

Ada beberapa faktor yang dilihat oleh Bank dalam menentukan limit kredit yang digunakan oleh si pengguna, antara lainnya adalah:

Penghasilan Bulanan

Faktor pertama adalah penghasilan bulanan, hal ini karena akan menjadi pertimbangan yang sangat penting dalam menentukan besaran limit pada kartu kredit. Sebab, penghasilan menunjukkan kemampuan keuangan.

Jika Anda memiliki penghasilan lebih besar diatas 5 juta kemungkinan Anda akan mendapatkan kartu Gold atau Platinum. Akan tetapi, jika penghasilan Anda di bawah 5 juta sekiranya 3 hingga 5 juta, Anda akan mendapatkan limit kredit dari 3 hingga 10 juta dengan kartu kredit Silver.

Tentunya, Anda hanya akan dipersilahkan mengambil nominal limit yang berdasarkan pada penghasilan Anda.

Riwayat Hutang

Faktor lainnya yang menjadi pertimbangan oleh Bank ialah riwayat hutang yang Anda miliki. Hal ini karena Bank memberikan kredit yang dapat Anda gunakan dalam melakukan pembelanjaan yang akan menimbulkan jumlah cicilan yang berisiko untuk memiliki hutang.

Maka dengan ini, riwayat utang piutang akan menentukan keputusan Bank mengenai limit kredit yang akan Anda ambil.

Bank akan sangat berhati-hati memberikan limit kredit kepada mereka yang memiliki riwayat hutang yang besar atau memiliki kendala pembayaran di masa lampau. Sehingga, akan mempersulit Anda untuk mendapatkan jumlah limit yang besar.

Latar Belakang Rumah

Selanjutnya dalam menentukan limit kredit Bank pun akan melihat latar belakang atau riwayat tempat tinggal Anda sendiri. Apakah rumah tersebut memang milik Anda atau Anda hanya mengontrak yang memungkinkan Anda untuk berpindah-pindah tempat.

Hal ini menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting bagi Bank, di mana jika Anda tinggal di rumah pribadi sendiri, akan memudahkan Bank memberikan limit kredit.

Sebaliknya jika Anda berpindah-pindah tempat Bank akan menghindari risiko untuk memberikan limit kredit yang besar kepada pengguna.

Maka dari itu bagi Anda yang tinggal di tempat yang tidak menetap Anda tidak boleh mengharap besar.

Jumlah Kredit yang Dimiliki

Faktor lainnya yang menjadi pertimbangan dalam mengambil limit kartu kredit ialah jumlah kredit yang dimiliki oleh si pengguna.

Jika Anda memiliki kartu kredit pada sebelumnya maka kemampuan dalam menanggung utang baru sangatlah kecil. hal ini menjadi salah satu risiko bagi Bank, sehingga tidak akan gegabah dalam menentukan limit kredit pada kartu kredit tersebut.

Limit yang diberikan akan semakin kecil jika Anda sudah memiliki banyak kartu kredit. Bahkan bagi mereka yang berpenghasilan antara Rp3 juta – Rp10 juta pun tidak kartu kredit lebih dari dua jenis kredit.

Rasio Kredit

Terakhir faktor dalam menentukan limit kredit yakni rasio kredit. Sebab, limit kredit merupakan faktor nilai kredit konsumen serta faktor kemampuan ambil kredit di masa nanti.

aktor yang mempengaruhi nilai kredit konsumen dan dapat mempengaruhi kemampuannya untuk memperoleh kredit di masa depan.

Maksudnya, Bank akan mempertimbangkan limit kredit sesuai dengan kemampuan mereka dalam membayar.

Nah itulah 5 faktor yang menjadi cara Bank dalam menentukan limit kredit pengguna. Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa tahu jenis kredit mana yang dapat Anda terima dari Bank.

 

 

Artikel Terkait:   4 Cara Agar Berhenti Menggunakan Kartu Kredit Yang Praktis Dan Cepat