menentukan unsur unsur iklan slogan dan poster

menentukan unsur unsur iklan slogan dan poster

 

IKLAN

Iklan adalah suatu pesan tentang barang atau jasa yang dibuat oleh pembuat barang yang disampaikan lewat media (cetak, audio, elektronik) yang di tujukan kepada masyarakat umum.

Unsur – Unsur Iklan

⇒ Attention ( perhatian ). Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
⇒ Interest ( minat ). Setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
⇒ Desire ( keinginan ). Suatu cara utuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.
⇒ Conviction ( rasa percaya ). Untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
⇒ Action ( tindakan ). Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

SLOGAN

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok serta mudah diingat atau juga suatu tujuan yang dapat di ulang-ulang untuk memberutahukan, untuk menjelaskan, atau untuk dapat mempopulerkan sesuatu hal.

Unsur-unsur Slogan

⇒ Kata-katanya singkat, menarik, dan mudah diingat
⇒ Disajikan dalam bentuk frasa, klausa, atau kalimat
⇒ Merupakan semboyan suatu organisasi atau masyarakat

POSTER

Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan) yang ditulis di atas kertas atau papan yang cukup besar dengan huruf yang cukup besar dan warna yang mencolok agar mudah dibaca dari jarak jauh.

Unsur- unsur Poster

⇒ Harus ada produk yang ditawarkan, baik barang maupun jasa.
⇒ Memiliki sasaran yang jelas tentang produk dan jasa yang ditawarkan. Sasaran dapat ditujukan pada anak –anak, remaja, dewasa, maupun tua.
⇒ Harus ada yang bertanggung jawab terhadap poster yang ditampilkan.Bahasa yang digunakan dalam poster harus menarik dan jelas.
⇒ Warna dan pemilihan jenis huruf yang digunakan dalam poster perlu diperhatikan, sebab menjadi salah satu daya tarik bagi pembaca.
⇒ Selain itu, hal yang harus diperhatikan yang lain, yaitu cara meletakkan tulisan dalam poster.Memiliki batasan waktu, agar pembaca dapat mengetahui kapan pembaca tersebut dapat memperoleh barang atau jasa tersebut.
⇒ Memiliki slogan produk untuk menarik pembaca dan sebagai jaminan yang diperoleh konsumen, jika membeli maupun memanfaatkan barang atau jasa di poster tersebut.
⇒ Perlu adanya logo dan nama perusahaan, sehingga jelas, siapa yang menghasilkan produk barang maupun jasa tersebut dan dapat meningkatkan kepercayaan pembaca.
⇒ Foto – foto dari produk, baik barang maupun jasa, harus ditampilkan dalam poster. Tujuannya untuk menunjukkan penampilan produk yang ditawarkan.

Artikel Terkait:   persamaan antara negara indonesia dengan negara singapura adalah