Di era modern seperti saat ini, masih cukup banyak anggota masyarakat yang percaya bahwa uang bisa digandakan melalui cara supranatural. Seperti dikatakan Supriyanto (45), dukun yang ditangkap petugas kepolisian Polres Banyumas, kliennya yang minta agar uangnya digandakan beberapa kali lipat, cukup banyak. ”Mereka datang dari berbagai daerah dan berbagai kalangan. Antara lain, dari wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur,” katanya, saat ditanya wartawan di Mapolres Banyumas, Rabu (25/12). Bahkan mereka rela menyerahkan uang puluhan juta rupiah, agar uang tersebut bisa digandakan. ”Ada yang menyerahkan Rp 12 juta, tapi ada juga yang menyerahkan yang hingga Rp 60 juta,” tambahnya. Kapolres Banyumas AKBP Dwiyono mengatakan, penangkapan terhadap yang bersangkutan dilakukan karena beberapa korban dukun tersebut melapor telah menjadi korban penipuan. 

Auguste Comte menjelaskan mengenai teori Hukum Tiga Tahap perkembangan masyarakat yaitu teologis, metafisik, dan masyarakat akan berakhir di positifis. Berdasarkan artikel diatas dapat dianalisis bahwa terdapat kelemahan dalam teori evolusi Auguste Comte yaitu ….  

  • A. mempunyai standar relevansi rendah dengan kehidupan sehari-hari 
  • B. penjelasan tentang indikator perubahan sosial tidak begitu jelas
  • C. urutan dalam tahap perkembangan dianggap tidak sepenuhnya jelas 
  • D. tidak mampu menjelaskan kenapa masyarakat mengalami perubahan 
  • E. sifat dinamis masyarakat yang menyebabkan perubahan sosial 

Jawaban : C

Pembahasan :

Salah satu kelemahan dari teori evolusi adalah urutan di dalam tahap perkembangan dianggap tidak sepenuhnya benar karena ada beberapa masyarakat yang mampu melampaui tahap tertentu serta langsung menuju tahap selanjutnya dan ada juga yang tidak mampu melampauinya. Di sisi lain ada juga masyarakat yang kembali ke tahap pertama. Jadi urutan yang dikemukakan Comte terkait tahap perkembangan akan berakhir di positifis tidak sepenuhnya benar dalam kehidupan saat ini. Ada beberapa masyarakat yang sudah modern tetapi masih mempercayai unsur-unsur teologis dan metafisik. Seperti dalam artikel yang menjelaskan bahwa beberapa masyarakat masih mempercayai penggandaan uang secara instan melalui perantara dukun padahal masyarakat sudah hidup di era modern dan sesuai tahap dari comte mereka seharusnya berada di titik akhir yaitu positifis akan tetapi faktanya mereka dapat kembali ke tahap metafisik.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. 

Artikel Terkait:   5 bentuk paruh burung dan fungsinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *