Pengertian Domain, Kelebihan dan Kepanjangan dari .id

Halo Sobat Meta, tau gak sih tentang Domain. disini kami akan menjelaskan tengtang Pengertian Domain, Kelebihan dan Kepanjangan dari .id

Banyak website/blog yang menganggap bahwa domain .ID tidak bisa menjual secara komersial dibanding alamat domain .COM. Bahkan, domain ID dianggap kurang handal untuk dapat bersaing secara global. Padahal, pendapat seperti ini sangatlah tidak benar. 

Justru sebaliknya, domain .id ini sangat kredibilitas untuk website Anda bisa tetap tinggi. Bahkan, saat ini juga banyak pengguna dari luar negeri yang menggunakan alamat domain ini.

Supaya sobat Meta bisa lebih mengenal apa saja kelebihan domain ID, simak langsung penjelasannya di bawah ini, ya.!!

Apa itu Domain ID?

Domain .ID adalah salah satu domain dari ccTLD (Country Code Top Level Domain). Jenis domain satu ini dikhususkan untuk website yang berada di dalam Indonesia. Website dengan ekstensi TLD dua huruf ini biasanya ditujukan untuk memudahkan pengguna mengenal asal negara website tersebut.

ccTLD itu sendiri telah digunakan sejak tahun 1985 dan pertama kali memperkenalkan domain .US (Amerika), .UK (Inggris) dan .IL (Israel). Sedangkan, domain ID mulai banyak dipakai pada tahun 1993, walaupun sebenarnya sudah terbentuk sejak tahun 1990.

Kemudian, pada bulan Mei 2007, segala hal yang berkaitan dengan nama domain ID akan diatur oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) yang sebelumnya diawasi oleh Kominfo. Bahkan, PANDI mengungkapkan kalau minat pengguna domain beridentitas Indonesia ini sudah semakin meningkat.

Hal ini dibuktikan dari laporan PANDI yang mencatat bahwa terdapat 318.090 website yang menggunakan domain .ID di bulan Juni 2019. Bahkan, 4,39 persennya (13.964) berasal dari pengguna luar negeri, lho.

Terus apa saja kelebihan dari dimain .ID, yuk lanjut simak dihalaman berikutnya.

Artikel Terkait:   Manfaat Backlink : Pengertian, Manfaat, & Cara Mendapatkanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *