kelangkaan sumber daya dilihat dari sudut ekonomi disebabkan oleh faktor

Faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan sumber daya jika dilihat dari sudut pandang ekonomi antara lain :

  1. Permintaan masyarakat
  2. Ketersediaan sumber daya
  3. Pendistribusian yang tidak merata.

Pembahasan

Sebelum penjelasan lebih lanjut tentang faktor kelangkaan sumber daya, maka perlu untuk mengetahui arti dari kelangkaan itu sendiri. Kelangkaan (Scarcity) dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana jumlah permintaan kebutuhan masyarakat melebihi jumlah tersedianya barang tersebut, sehingga hal ini menjadikan barang tersebut langka atau susah didapat. Selain itu, kelangkaan juga dapat dimaknai ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia dengan sumber daya yang tersedia, maksudnya disini langka itu bukan berarti sumber daya tidak ada sama sekali melainkan sumber daya tersebut tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan manusia, untuk itu diperlukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah ekonomi ini.

Adapun faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan sumber daya ialah :

  1. Permintaan masyarakat yang meningkat. Dimana meningkatnya permintaan masyarakat ini akan mempengaruhi sumber daya. Hal ini biasanya ditandai dengan pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat di suatu wilayah dan faktor kondisi lingkungan disekitar yang membuat masyarakat harus menyediakan barang tersebut. Misalnya, pada masa pandemi saat ini permintaan terhadap masker semakin meningkat sebab masyarakat harus memakai masker agar tidak tertular oleh virus. Hal tersebut membuat pasokan masker menjadi berkurang sehingga sempat mengalami kelangkaan terhadap masker. Jadi, faktor permintaan masyarakat ini bisa disebabkan oleh faktor pertumbuhan penduduk, pertumbuhan PDB dan pendapatan riil juga dapat membuat masyarakat mengonsumsi barang lebih banyak dari sebelumnya, perubahan preferensi atau pilihan, dan juga faktor keadaan pada saat itu.
  2. Pasokan barang yang menurun atau bisa dikatakan ketersediaan barang yang sedikit. Selain faktor permintaan masyarakat, faktor menurunnya pasokan sumber daya juga dapat menyebabkan kelangkaan seperti halnya kondisi pasokan sumber daya tersebut dalam keadaan terancam dan hampir punah, hal itu dapat menyebabkan kelangkaan. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor cuaca buruk dan bencana alam. Misalnya pada suatu wilayah sedang mengalami curah hujan yang tinggi, hal ini dapat menyebabkan kegagalan panen pada sayuran para petani. Jika hal ini terus terjadi, maka sumber daya pangan tersebut akan habis dan menyebabkan kelangkaan dan pada akhirnya pemerintah membuat kebijakan import, hal ini tentu tidak kondisi yang baik untuk petani lokal. Selain itu, jika terjadi bencana alam atau mungkin sumber air tercemar oleh limbah, ini juga akan membuat sumber air menjadi tidak layak pakai sehingga air menjadi langka.
  3. Pendistribusian pasokan barang yang tidak merata. Proses distribusi barang yang tidak berjalan dengan lancar akan menghambat penyaluran sumber daya yang merata pada masyarakat. Misalnya sumber daya air yang pada umumnya tidak semua wilayah memiliki pasokan air bersih yang banyak, jika air bersih tidak mendapatkan akses untuk dikirim ke wilayah minim air tersebut, maka sumber daya air menjadi langka di wilayah tersebut.

 

 

Artikel Terkait:   koordinat titik puncak grafik fungsi kuadrat