Praktik bullying bisa berupa tindakan fisik, verbal, maupun mental, seperti mendiamkan dan mengucilkan. Dinda tertarik untuk meneliti dampak yang dialami korban dari kasus bullying di sekolah. Namun, Dinda takut tidak bisa mendapatkan informasi yang mendalam dan harus menjalani penelitian yang panjang.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, tindakan yang perlu dilakukan Dinda sebelum mengumpulkan data adalah ….

  • A. menguasai lebih dalam mengenai topik penelitiannya
  • B. menyiapkan pertanyaan yang tidak terlalu pribadi dan sensitif
  • C. membatasi subjek penelitian hanya pada satu orang saja
  • D. melakukan intervensi pada aktivitas subjek penelitiannya
  • E. membangun kedekatan persona dengan subjek penelitiannya

Jawaban : E

Pembahasan :

Berikut ini adalah beberapa ciri penelitian kualitatif.

  1. Bersifat alamiah. Peneliti tidak berusaha memanipulasi setting penelitian ataupun melakukan intervensi terhadap aktivitas subjek penelitian.
  2. Data penelitian bersifat deskriptif. Data penelitian berupa narasi cerita, penuturan informan, dokumen-dokumen pribadi, seperti foto, dan catatan pribadi.
  3. Subjek terbatas. Sumber data dalam penelitian kualitatif adalah orang-orang yang dianggap tahu dengan fenomena yang diteliti.
  4. Kontak personal secara langsung. Dalam proses pengumpulan data, terjadi kontak langsung antara peneliti dengan subjek yang diteliti. Kontak personal dengan subjek penelitian bertujuan untuk membangun hubungan kedekatan (personal) sehingga subjek penelitian tidak ragu-ragu atau malu-malu dalam mengungkapkan informasi, serta meminimalisasi terjadinya kebohongan dalam mengungkapkan informasi khususnya pada data atau informasi yang bersifat pribadi dan sensitif. Dalam penelitian kualitatif, hal ini disebut sebagai building rapport (membangun kedekatan hubungan).
  5. Analisis data dilakukan secara induktif. Metode penelitian kualitatif lebih berorientasi pada eksplorasi dan penemuan dan tidak bermaksud untuk menguji teori.

Dalam kasus ini, sebelum mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, Dinda terlebih dahulu harus membangun kedekatan personal dengan subjek penelitiannya. Setelah melakukan dan membangun kedekatan personal dengan subjek penelitian dan terlihat bahwa subjek penelitiannya memiliki kondisi yang rawan. Maka, subjek penelitian tersebut  membutuhkan pendekatan yang lebih mendalam, agar subjek mau mengungkapkan informasi tanpa ragu-ragu.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Artikel Terkait:   sebutkan wujud baktimu kepada orang tua saat ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *