contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya brainly

contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya brainly

 

Contoh cerpen singkat beserta unsur intrinsiknya:

“Baik Luar Dalam”

Di suatu hari yang sangat cerah, terdapat dua orang teman bernama Dani dan Lili yang tengah mengerjakan tugas sekolah di rumahnya Dani. Mereka berdua mengerjakan tugas sekolah dengan serius dan suasananya pun tampak hening. Kemudian datanglah teman Dani yang bernama Tia di depan rumahnya. Namun Dani sendiri seolah tidak memperhatikan kehadiran Tia tersebut.

“Dani, itu di depan rumah ada Tia sedang nunggu kamu, buruan temui dia, kasian sudah dari tadi dia nungguin kita.” Ujar Lili yang tengah mengerjakan tugas di rumah Dani.

“Bi, bilangin ke orang yang ada di depan rumah kalau aku sedang pergi atau bilang aja aku gak ada gitu ya.” Pinta Dani kepada Bibi yang bekerja sebagai pembantu di rumah Dani.

“Baik non, Bibi akan sampaikan.” Jawab si Bibi.

“Eh Dani, kenapa kamu seperti itu sama Tia? Padahal kan dia pastinya sudah datang jauh-jauh, tapi kenapa kamu usir, kan ga enak. Kasian loh dia, dia juga anak yang baik Dan.” Ujar Lili yang mencoba menasehati Dani.

“Kamu itu gak tau Tia apa Li? dari luarnya memang dia seperti orang yang baik, ramah juga manis.

Tetapi masa kamu hanya mengukur sifat dan sikap seseorang hanya dengan begitu saja, dia itu hanya manis di luar tapi dalamnya pahit tahu Li.” Jawab Dani dengan sinis.

“Loh, pahit gimana maksudnya?” Balas Lili yang masih bingung dengan jawaban si Dani.

“Tahu gak sih kamu, Tia itu sering banget membicarakan keburukan orang lain Li. Bahkan dia itu sering membicarakan keburukan teman sendiri di belakangnya. Pokoknya panjang banget deh kalo harus jelasinnya.” Jawab si Dani dengan setengah sinis.

“Dia itu beda banget sama kamu, kamu itu judes, ceplas-ceplos kalo ngomong sama aku, tapi setidaknya kamu memiliki hati yang tulus Li, bukannya sahabat yang baik di luarnya saja tapi dalamnya busuk. Dalam menjalin pertemanan, aku itu tidak membutuhkan tampilan luar dari seseorang” Jelas ucapan Dani panjang lebar kepada Lili.

Pembahasan

Unsur intrinsik cerpen tersebut

Tema: Persahabatan.

Alur/Plot: Maju.

Setting: Rumah Dani, depan rumah, hari yang cerah, sinis.

Tokoh: Dani, Lili, Tia, Bibi pembantu rumah.

Watak: Dani – protagonis, Tia – antagonis, Lisa – netral.

Sudut Pandang: Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan.

Amanat: Dalam menjalin hubungan pertemanan harus baik di depan dan tidak menjelek-jelekkan teman.

Artikel Terkait:   dibawah ini yang bukan macam macam bentuk benda adalah