Pendekatan Untuk Memperoleh Ide Produk Hiasan Adalah.. Kecuali…..

Pendekatan Untuk Memperoleh Ide Produk Hiasan Adalah.. Kecuali…..

A. Siapa Calon Pembeli Dan Bagaimana Seleranya

B. Eksplorasi Material Untuk Inovasi Estetik Baru

C. Pikirkan Suatu Tempat Dan Hiasan Apa Yang Dibutuhkan Di Tempat Itu

D. Berkunjung Ke Daerah Lain Dan Melihat Contoh Produk Kerajinan Hiasan

E. Membuat Produk Kemudian Memasarkannya Secara Door To Door

 

Jawaban yang benar adalah e. Membuat produk kemudian memasarkannya secara door to door.

Pembahasan

Soal menanyakan tentang yang bukan merupakan pendekatan untuk memperoleh ide produk hiasan.

 

Produk kerajinan Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang. Sumber manusia Indonesia memiliki kreativitas dan keterampilan tangan yang tinggi. Kreativitas dan keterampilan tersebut didukung pula oleh keragaman hayati dari masing-masing daerah. Perkembangan industri di setiap daerah juga membuka peluang diperolehnya bahan baku untuk kerajinan. Kerajinan menampilkan keindahan yang dihasilkan oleh keterampilan tangan dari proses pembuatannya. Salah satu produk kerajinan yang dapat dikembangkan adalah produk hiasan.

 

Untuk membuat produk hiasan diperlukan pengembangan desain. Pengembangan desain dari limbah untuk membuat produk hiasan diawali dengan riset dengan tujuanmencari data tentang potensi limbah yang akan digunakan untuk bahan baku. Setiap tempat dapat memiliki jenis limbah yang berbeda-beda dan belum dimanfaatkan. Limbah yang akan dimanfaatkan untuk memproduksi produk hiasan harus memiliki jumlah yang cukup dengan jenis limbah, material dan bentuk yang sama, agar produk yang dihasilkan memiliki standar. Jenis, material, bentuk dan karakter dari bahan baku akan menjadi dasar untuk ide produk yang akan dibuat.

 

Tiga pendekatan untuk memperoleh ide produk hiasan yaitu :

  1. Studi Pasar Sasaran untuk Ide Pengembangan Produk

Pasar sasaran dari produk hiasan berbahan limbah sangat beragam Pasar sasaran dapat dibedakan dari usia, gender, bangsa dan etnis, pekerjaan, psikografi, tingkat ekonomi. Pasar sasaran yang berbeda memiliki selera dan daya beli yang berbeda pula. Pemahaman akan pasar sasaran akan mendukung proses pencarian ide dan penetapan harga jual. Pencarian data melalui referensi, kuisioner, pengamatan dan wawancara dapat dilakukan kepada pasar sasaran yang dituju untuk mengetahui selera dan daya beli pasar tersebut.

 

  1. Eksporasi Material untuk Ide Pengembangan Produk

Proses pengembangan desain untuk produk hiasan menghasilkan nilai estetik sebagai tujuan utamanya. Pengembangan desain untuk nilai estetik adalah dengan mengeksplorasi berbagai kemungkinan keindahan dan keunikan yang dihasilkan oleh bahan limbah yang ada. Eksplorasi material dilakukan dengan membuat beberapa percobaan teknik pengolahan pada suatu material. Semakin banyak percobaan yang dilakukan, akan semakin banyak pula kemungkinan keindahan dan keunikan yang diperoleh. Pada saat melakukan eksplorasi material, pikirkan juga produk hiasan apa saja yang dapat dibuat.

 

  1. Proses Merespon Lingkungan untuk Ide Pengembangan Produk.

Produk hiasan dapat berupa hiasan taman atau halaman. Produk hiasan di luar rumah dapat memanfaatkan angin dan air untuk menghasilkan gerak dan bunyi. Hiasan yang ditempatkan di luar rumah tentunya harus tahan cuaca. Material limbah yang tepat untuk hiasan di luar rumah adalah plastik, kaca, logam, dan kayu. Material serat dan kain lebih tepat digunakan untuk produk hiasan di dalam rumah atau perhiasan yang dikenakan, karena tidak tahan terhadap cuaca. Produk hiasan di dalam rumah dan perhiasan dapat pula dibuat dari material plastik, kaca, logam, dan kayu.

 

Berdasarkan penjelasan di atas, maka yang bukan merupakan pendekatan untuk memperoleh ide produk hiasan adalah membuat produk kemudian memasarkannya secara door to door karena hal tersebut merupakan pendekatan pemasaran.

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah >> e. Membuat produk kemudian memasarkannya secara door to door.

Artikel Terkait:   gitar kecil 2 dawai terdapat diseluruh nusantara disebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *