Sumber energi alternatif yang dapat menghasilkan energi panas adalah….

Pertanyaan

Sumber energi alternatif yang dapat menghasilkan energi panas adalah….

A. Angin dan panas bumi

B. Air dan angin

C. Sinar matahari dan panas bumi

D. Gelombang laut dan sinar matahari

E. Gas alam dan panas bumi

Jawaban

jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan

Dari pilihan jawaban di atas, sumber energi alternatif yang dapat menghasilkan energi panas adalah sinar matahari dan panas bumi.

Energi matahari merupakan sumber energi yang paling utama bagi kehidupan manusia dan terjamin keberadaannya di muka bumi. Berbagai jenis energi, baik yang terbarukan maupun tak terbarukan merupakan bentuk turunan dari energi matahari baik secara langsung maupun tidak langsung. Energi yang dipancarkan oleh matahari dihasilkan dari reaksi fusi, yaitu penggabungan 4 inti Hidrogen menjadi inti Helium yang terjadi di dalam inti matahari. Jika dihitung dengan menggunakan Hukum Stefan-Boltzmann, total energi yang memancar dari seluruh permukaan Matahari pada saat ini sama dengan 3,8 x 1026 watt. Mengubah energi matahari menjadi listrik bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui sel surya dan pembangkit listrik tenaga matahari.

Energi panas bumi adalah energi panas yang berasal dari dalam bumi. Energi panas ini tepatnya dihasilkan di dalam inti bumi, yaitu kira-kira pada kedalaman 6.400 km dari permukaan bumi. Panas bumi tersebut ditimbulkan oleh peristiwa peluruhan partikel-partikel radioaktif di dalam batuan. Inti bumi terdiri dari dua lapisan, yaitu inti dalam dan inti luar. Inti luar terbentuk dari batuan cair yang sangat panas, disebut magma. Dari magma inilah panas bumi berasal. Panas tersebut akan mengalir menembus berbagai lapisan batuan di bawah tanah. Bila panas tersebut mencapai reservoir air bawah tanah, maka akan terbentuk air panas bertekanan tinggi. Bila air panas tadi bisa keluar ke permukaan bumi karena ada celah atau terjadi retakan di kulit bumi, maka timbul sumber air panas yang biasa disebut dengan hot spring. Air panas alam (hot spring) ini biasa dimanfaatkan sebagai kolam air panas, dan banyak pula yang sekaligus menjadi tempat wisata.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

 

Artikel Terkait:   menghargai perbedaan agama suku ras budaya adalah jenis sikap