Keramaian terlihat di salah satu halte bus akibat keterlambatan kedatangan hingga 10 menit dari jadwal yang seharusnya. Ternyata, bus tersebut harus berhenti sejenak akibat terhalang kecelakaan lalu lintas. Banyak pengendara yang berhenti untuk menyaksikan kejadian kecelakaan tersebut sehingga menyebabkan macet. 

Kerumunan apa yang terbentuk dalam artikel tersebut? 

  1. Immoral crowd 
  2. Spectator crowd 
  3. Planned expressive group 
  4. Inconvenient aggregation 
  • A. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.
  • B. 1 dan 3 SAJA yang benar.
  • C. 2 dan 4 SAJA yang benar.
  • D. HANYA 4 yang benar.
  • E. SEMUA pilihan benar.

Jawaban : C

Pembahasan :

Kerumunan adalah kumpulan orang-orang yang tidak teratur dan terjadi secara spontan. Salah satu bentuk kerumunan adalah kerumunan yang bersifat sementara, yaitu inconvenient aggregations. Inconvenient aggregation atau kerumunan yang kurang menyenangkan. Dalam kerumunan itu, kehadiran orang-orang lain merupakan halangan terhadap tercapainya tujuan seseorang. Pilihan yang tepat adalah poin 4 karena ilustrasi menunjukkan kerumunan yang menunggu di halte bus. Orang-orang yang menunggu dan berkerumun menunggu jadwal keberangkatan ini bentuk kerumunan yang kurang menyenangkan.

Kemudian, ada juga poin penyebab bus terlambat karena terhalang oleh kerumunan pengendara yang berhenti untuk menyaksikan kecelakaan tersebut. Ini menunjukkan kerumunan berupa spectator crowd, yaitu kerumunan yang ingin melihat suatu kejadian tertentu, namun tidak direncanakan dan kegiatannya tidak terkendalikan. Jadi, poin 2 juga tepat.

  • Pilihan 1 kurang tepat karena immoral crowd adalah kumpulan orang-orang yang melakukan tindakan pelanggaran terhadap norma yang ada di masyarakat meskipun tidak menggunakan kekuatan fisik.
  • Pilihan 3 kurang tepat karena planned expressive group adalah kerumunan yang pusat perhatiannya tidak begitu penting, tetapi memiliki persamaan tujuan yang terkait dengan aktivitas kerumunan tersebut serta mendapatkan kepuasan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

Artikel Terkait:   dampak negatif keberagaman masyarakat indonesia