carilah ayat ayat yang menjelaskan tentang keistimewaan al quran

carilah ayat ayat yang menjelaskan tentang keistimewaan al quran

 

Diantara Keistimewaan Al-Qur’an:

1.  Al-Qur’an terpelihara dari tahrif (perubahan) dan tabdil (penggantian) sesuai dengan firman Allah surat al-hijr ayat 9

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

Artinya: Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.

Pesan yg terkandung : al-qur’an tdk ada yg perlu kita ragukan keautentikannya , maka dari itu kita harus yakin dan berusaha menegakkan al-qur’an (mengamalkannya).

 

2) Al-Qur’an mudah untuk dihafal berdasarkan firman Allah surat al-qamar 32

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

Artinya: Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?

Pesan yg terkandung : tdk ada alasan buat kita untuk malas menghafal al-qur’an , krn al-qur’an itu mudah untuk dihafalkan.

 

3) Al-Qur’an sebagai penawar (obat) hati dari penyakit syirik, nifak dan yang lainnya sesuai firman Allah surat yunus 57

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

Artinya: Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman

Pesan yg terkandung : jika dalam hati kita ada penyakit (syirik , nifak dll) maka bacalah al-qur’an dan maknanya , niscaya penyakit hati kita akan sembuh .

 

4) Al-Qur’an sebagai hakim atas kitab-kitab sebelumnya, sebagaimana firman Allah Azza wa Jalla Sesuai Surat Al-Maidah ayat 48:

وَأَنزَلْنَآإِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ

Artinya: Dan Kami telah turunkan kepadamu Alquran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu.

Pesan yang terkandung: Al-Qur’an membawa kebenaran, maka barang siapa yang berpegang teguh pada Al-Qur’an, dia berada pada jalan yang benar.

 

Artikel Terkait:   birama lagu kring kring ada sepeda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *