pronomina yang terdapat pada paragraf tersebut adalah

Pronomina atau kata ganti adalah jenis kata yang dapat menjadi pengganti nomina atau frasa nomina.  Pronomina terdiri dari pronomina persona, pronomina penunjuk, dan pronomina penanya.

  1. Pronomina persona pertama tunggal: kata ganti yang digunakan pada diri sendiri. Contoh: saya, aku, daku.
  2. Pronomina persona pertama jamak: kata ganti yang digunakan untuk menyebut orang yang berjumlah banyak atau lebih dari satu. Contoh: kami, kita.
  3. Pronomina penunjuk umum: kata ganti yang mengacu pada hal yang dekat dengan penulis pada informasi yang disampaikan. Contoh: ini, itu, anu.
  4. Pronomina penunjuk tempat: kata ganti yang mengacu pada tempat/lokasi. Contoh: sini, situ, sana.
  5. Pronomina penunjuk penanya: kata ganti yang digunakan sebagai pemarkah pertanyaan, dapat berkaitan dengan orang, barang, atau pilihan. Contoh: siapa, apa, di mana, kapan, dan lain-lain.

Berdasarkan soal, kalimat yang perlu dicermati adalah Di Uni Eropa, untuk memasuki pintu gerbang budaya setiap negara, semua orang tentu telah mengenal kebijakan Europass Language Passport yang dikeluarkan oleh The Council of Europe dengan dokumen teknis Common European Framework of Reference (CEFR) for Languages. Kebijakan bahasa itu mendorong warga masyarakat Uni Eropa menjadi plurilingual [ … ] semua bahasa Eropa dapat duduk pada posisi yang sama, misalnya di parlemen Uni Eropa. Kalimat tersebut menggunakan pronomina penunjuk umum, yaitu itu. Pronomina itu mengacu pada kalimat sebelumnya yang menjelaskan tentang adanya kebijakan di Uni Eropa. Kebijakan yang dimaksud adalah Europass Language Passport yang dikeluarkan oleh The Council of Europe dengan dokumen teknis Common European Framework of Reference (CEFR) for Languages.
Dengan demikian, pronomina yang terdapat dalam paragraf termasuk kategori pronomina penunjuk umum.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.space

Artikel Terkait:   fpb dari 26 dan 52