Ini 6 Manfaat Memilih Asuransi Syariah!

 

 

Meta deskripsi: sebelum memilih produk asuransi syariah cari tahu dahulu apa saja manfaat memilih asuransi syariah. Produk asuransi terdiri dari dua jenis asuransi yakni asuransi konvensional dan asuransi syariah. Jika Anda tertarik untuk mengambil asuransi syariah Anda perlu tahu manfaat memilih asuransi syariah di bawah ini.

Inilah Keuntungan dan Manfaat Memilih Asuransi Syariah

Ketika Anda memilih jenis asuransi syariah, maka Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan yang di antaranya adalah:

Pengelolaan Dana yang Sesuai Syariat Islam

Dana yang ada pada asuransi syariah akan dikelola sesuai dengan aturan syariat agama islam. Di mana dengan ini, dana asuransi akan terbebas dari aturan yang bertentangan dengan syariat agama. Maka dengan ini, Anda akan terjauh dari hal-hal yang haram seperti riba.

Selain itu, pengelolaan dananya pun diawasi oleh badan hukum agama yakni DPS—Dewan Pengawas Asuransi Syariah, sehingga dipastikan pengelolaan dananya sesuai dengan syariat agama.

Hal ini tidak akan Anda temukan dari penggunaan jenis asuransi konvensional

Tidak Ada Premi Hangus

Selain pengelolaan dana yang sesuai dengan syariat agama, premi yang Anda bayarkan pun tidak akan mengalami penghangusan. Hal ini tentu sangat berbeda dengan jenis asuransi konvensional yang memiliki risiko hangus ketika Anda gagal membayar premi pada waktu yang disepakati.

Sebab, asuransi syariah akan tetap menjaga dana Anda agar dapat diterima secara utuh. Hal ini karena asuransi syariah memiliki konsep dana titipan pada prinsip asuransi syariah ini yang disebut dengan wadiah.

Nantinya, Dana ini akan dipisahkan dari rekening aset. Tak sampai disitu beban dana operasional pemegang polis hanya mencapai 30% dari premi yang dibayarkan.

Double Claim

Manfaat selanjutnya dari memilih asuransi syariah adalah Anda bisa mengambil double claim. Di mana manfaat double claim ini hanya diberikan oleh beberapa perusahaan saja.

Di mana Anda bisa mengambil dua jenis layanan proteksi untuk menanggung risiko pembayaran proteksi lainnya.

Pembagian Keuntungan Merata

Manfaat sekaligus keuntungan yang bisa Anda dapatkan ialah Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan merata.

Di mana keuntungan ini diperoleh dari dana investasi yang bersumber pada dana yang dikumpulkan yakni premi yang dibayarkan tersebut.

Tak hanya itu Anda bisa berkesempatan untuk mendapat surplus underwriting yakni selisih dana yang dikumpulkan akan diberikan sesuai dengan porsinya masing-masing.

Tak hanya itu Anda pun akan diberikan wakaf sebagai harta yang bertahan lama sebagai bentuk kebajikan kepada penerima manfaat. Sehingga para peserta asuransi syariah bisa melakukan kebajikan dengan dana yang dikumpulkan tersebut.

Tentu saja hal ini tidak bisa ditemukan pada jenis asuransi konvensional.

Bersifat Transparan

Pengelolaan dana asuransi pun bersifat transparan, hal ini menjadikan salah satu daya tarik penggunaan asuransi syariah.

Dengan adanya transparansi terkait informasi dana asuransi syariah membuat kepercayaan para pengguna menjadi meningkat dalam melakukan investasi dana pada asuransi syariah.

Pembayaran Asuransi Syariah

Solusi pembayaran asuransi syariah sangatlah menarik, di mana ketika Anda tidak mampu membayar premi asuransi di waktu yang tepat sehingga terjadinya keterlambatan, proteksi asuransi tidak akan berubah, Anda tetap bisa memanfaatkan asuransi tersebut.

Selain itu, jika Anda kesulitan membayar premi, Anda tetap bisa melakukan pembayaran iuran atau kontribusi dana dengan bebas jika terjadi kecelakaan atau kecacatan.

Tentu keuntungan solusi pembayaran asuransi syariah ini tidak bisa Anda dapatkan dari pembayaran asuransi konvensional.

Nah itulah manfaat memilih asuransi syariah. Bagaimana, apakah setelah memahami manfaat di atas, Anda tertarik untuk mengambil jenis asuransi syariah?

 

 

Artikel Terkait:   5 Rekomendasi Asuransi Syariah di Indonesia Terbaik