Peluang Investasi Obligasi
Peluang Investasi Obligasi

Peluang Investasi Obligasi di Tahun 2022 yang Wajib Diketahui

Peluang Investasi Obligasi di Tahun 2022. Ingin berinvestasi di obligasi? Yuk cari tahu dulu tentang peluang investasi obligasi yang wajib Anda ketahui!

Pernah mendengar investasi obligasi? Salah satu produk investasi ini memang tidak terlalu banyak diperbincangkan oleh masyarakat umum. Namun begitu, jenis investasi ini ternyata cukup banyak dilirik oleh para investor. Lantas, apa sebenarnya obligasi dan bagaimana peluang investasi obligasi di tahun 2022?

Obligasi merupakan sebuah produk investasi berupa surat utang tertentu dari pemerintah maupun korporasi yang diterbitkan oleh pihak terkait ataupun perseorangan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang produk investasi obligasi, berikut ini adalah informasinya yang wajib Anda simak.

Apa Itu Obligasi?

Obligasi adalah salah satu produk investasi terbaik saat ini. Hal tersebut karena di dalam obligasi biasanya terdapat besaran bunga yang akan berkembang serta menguntungkan bagi para investor yang membelinya.

Investasi obligasi ini juga cocok digunakan untuk kegiatan investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Hal tersebut karena umumnya jatuh tempo dari suatu obligasi berkisar antara 1 hingga 10 tahun.

Untuk mendapatkan produk investasi obligasi, Anda bisa membelinya di pasar modal secara mudah. Di dalam pasar modal tersebut, terdapat banyak sekali obligasi yang ditawarkan. Oleh karena itu, Anda harus memilihnya dengan penuh pertimbangan.

Setelah Anda membeli obligasi, kemudian Anda akan mendapatkan tanda kepemilikan berupa kupon atau bunga. Apabila obligasi yang Anda beli merupakan obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah, maka Anda akan mendapatkan kupon secara berkala.

Peluang Investasi Obligasi

Setelah mengetahui informasi umum mengenai obligasi, kini saatnya mengetahui tentang peluang investasinya. Bisa dikatakan bahwa peluang investasi obligasi di Indonesia masih terbuka dengan lebar pada tahun 2022. Peluang tersebut terbuka lebar bagi para investor dalam negeri maupun luar negeri.

Artikel Terkait:   Lebih Baik Reksadana atau Saham?

Peluang yang terbuka lebar tersebut dikarenakan saat ini kondisi pasar cukup mendukung kinerja dari pasar obligasi Indonesia. Dengan kata lain, kondisi pasar nasional dalam keadaan cukup stabil sehingga dapat memberikan sentimen positif ke perkembangan obligasi di Indonesia.

Selain dikarenakan kondisi pasar domestik, faktor lain yang turut memperluas peluang investasi obligasi adalah adanya sinyal positif dari global. Sinyal positif tersebut datang karena International Money Foundation (IMF) yang telah mengumumkan proyeksi pertumbuhan PDB global tahun 2022 di level 4,9 persen. Selain karena berita dari IMF, upaya negara-negara di dunia dalam mengendalikan kenaikan kasus Covid-19 yang semakin membaik juga turut menjadi sentimen positif bagi perkembangan investasi obligasi di Indonesia.

Keuntungan Investasi Obligasi

Setiap produk investasi tentu memiliki keunggulan masing-masing. Berikut ini adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika berinvestasi pada produk obligasi.

  1. Mendapatkan bunga yang biasa disebut dengan kupon secara periodik. Besaran Bunga yang didapat tentunya di atas bunga Bank Indonesia.
  2. Memperoleh capital gain atau keuntungan yang diperoleh dari selisih harga jual dengan harga beli obligasi.
  3. Memiliki keamanan yang lebih terjamin, terlebih apabila Anda memilih obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah.
  4. Risiko dari obligasi sangat rendah karena di dalam obligasi tidak ada pergerakan harga yang fluktuatif.

Demikian informasi seputar investasi obligasi, mulai dari informasi umum, kelebihan, dan peluangnya di tahun 2022. Peluang investasi obligasi di Indonesia memang masih terbuka dengan sangat lebat. Namun begitu, tetap carilah informasi yang lebih dalam sehingga investasi Anda bisa mendatangkan keuntungan yang optimal.