situasi di bawah ini yang menggambarkan terjadinya inflasi adalah

Inflasi adalah proses kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Ciri utama dari inflasi adalah berisfat umum. Umum artinya yang mengalami kenaikan harga adalah barang secara keseluruhan. Sedangkan, jangka waktu artinya kenaikan harga terjadi pada periode waktu tertentu.

Analisis pilihan jawaban.

  • Opsi A, peningkatan harga beras di seluruh wilayah Indonesia dalam satu hari. Dapat dilihat bahwa yang mengalami peningkatan hanya 1 jenis barang yaitu beras, serta kenaikan harga hanya terjadi 1 hari bukan pada jangka waktu tertentu. Salah.
  • Opsi B, peningkatan harga beras di seluruh wilayah Jawa Timur selama satu hari. Dapat dilihat bahwa yang mengalami peningkatan hanya 1 jenis barang yaitu beras, serta kenaikan harga hanya terjadi 1 hari bukan pada jangka waktu tertentu. Salah.
  • Opsi C, peningkatan harga garam di seluruh wilayah Indonesia selama satu bulan. Dapat dilihat bahwa yang mengalami peningkatan hanya 1 jenis barang yaitu garam. Salah.
  • Opsi D, peningkatan harga bahan pokok dan produk industri di seluruh wilayah Indonesia selama satu hari. Kenaikan harga hanya terjadi 1 hari bukan pada jangka waktu tertentu. Salah.
  • Opsi E, peningkatan harga bahan pokok dan produk industri di Jawa Barat selama satu bulan. Dapat dilihat bahwa yang mengalami peningkatan harga adalah barang secara keseluruhan, serta kenaikan harga terjadi pada jangka waktu tertentu. Benar.

Jadi, jawaban yang benar adalah poin E.space

Artikel Terkait:   berikut ini merupakan pengawetan tanah menggunakan metode vegetasi yaitu