contoh paragraf

5 Jenis Contoh Paragraf Lengkap dengan Penjelasannya

Pada umumnya, tipe paragraf yang dikenali salah satunya paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf deduktif-induktif. Tetapi, berdasar skema penalaran ada tipe lain yaitu tipe paragraf ineratif.

Diambil dari buku Seri Penerangan Bahasa Indonesia Kemdikbud, berikut lima tipe paragraf komplet dengan keterangan dan misalnya.

Paragraf deduktif sebagai tipe paragraf yang mempunyai gagasan dasar di awal paragraf selanjutnya dituruti oleh beberapa kalimat penjelas untuk memberikan dukungan gagasan dasar.

Umumnya gagasan dasar dalam paragraf deduktif berbentuk pengakuan umum yang dibungkus dalam kalimat topik. Selanjutnya kalimat topik itu dituruti oleh kalimat penjelas buat menegaskan info pada kalimat topik.

Tenaga kerja yang dibutuhkan dalam kompetisi bebas ialah tenaga kerja yang memiliki semangat kerja tinggi, yakni tenaga yang pintar, trampil, dan berpribadi. Tenaga kerja yang pintar ialah tenaga kerja yang memiliki kekuatan akademik mencukupi sesuai disiplin pengetahuan tertentu.

Trampil maknanya sanggup mengaplikasikan kekuatan akademik yang dipunyai dibarengi kekuatan simpatisan yang pas untuk diaplikasikan supaya didapat hasil optimal. Dalam pada itu, tenaga kerja yang berpribadi ialah tenaga kerja yang memiliki sikap setia, disiplin, dan jujur.

Tipe paragraf induktif mempunyai gagasan dasar yang berada di akhir paragraf. Umumnya paragraf induktif dengan diawali penyebutan kejadian khusus lebih dulu dan ringkasan berada di akhir kalimat.

Artikel Terkait:   Ini Dia!! Blog & Aplikasi Penerjemah Bahasa Selain Google Translate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.