Tuliskan tiga macam jenis usaha perseorangan beserta cotoh…

Tuliskan tiga macam jenis usaha perseorangan beserta cotoh?

 

Dalam suatu usaha ekonomi, jenis usaha yang hanya dikelola dan dimiliki oleh satu orang pengusaha disebut dengan usaha perseorangan atau usaha perorangan. Berikut adalah contoh dan jenis dari usaha perorangan:

  • Industri kecil: jenis usaha perorangan yang dilakukan dengan mengubah bahan baku hingga menjadi barang jadi. Contoh dari industri kecil adalah industri mebel dan industri kerajinan.
  • Jasa: jenis usaha perorangan yang produknya berupa layanan yang diberikan kepada konsumen. Contoh dari jasa adalah dokter, pengacara, arsitek, supir, dan asisten rumah tangga.
  • Pertanian: jenis usaha perorangan yang produknya berupa hasil tani yang merupakan hasil dari kegiatan pengolahan lahan tani menggunakan bibit tanaman. Contoh dari usaha pertanian adalah petani padi.

 

Pembahasan

Usaha ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk bisa mendapatkan keuntungan ekonomi yang nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan juga mencapai kemakmuran. Salah satu jenis dari usaha ekonomi yang dibedakan berdasarkan peran yang terlibat adalah usaha perorangan. Usaha perorangan adalah jenis usaha ekonomi yang dimiliki, dijalankan, dan dikelola oleh satu orang pengusaha saja.

Berikut adalah kekurangan dari usaha perorangan:

  • Sulitnya mendapatkan modal yang besar untuk mendirikan usaha dengan ruang lingkup yang besar.
  • Ruang lingkup kerja yang cenderung kecil membuat hasil produksi dan pangsa pasar cenderung kecil.
  • Resiko dan tanggung jawab usaha ditanggung secara pribadi.
Artikel Terkait:   apakah stem cell mudah dimanipulasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *