jelaskan perbedaan kebijakan anggaran seimbang defisit surplus dan dinamis

Perbedaan dari kebijakan anggaran yang ada adalah pengelolaan terhadap penerimaan & pengeluaran negara.

Kebijakan anggaran seimbang, adalah kebijakan anggaran yang menyusun pengeluaran sama besar dengan penerimaan. Ini berarti jumlah pengeluaran yang disusun pemerintah tidak boleh melebihi jumlaj penerimaan yang di dapat. Dengan demikian negara tidak perlu berutang, baik berutang dari dalam negeri maupun luar negeri.

Kebijakan anggaran defisit yaitu kebijakan anggaran dengan cara menyusun pengeluaran lebih besar dari pada penerimaan.Karena pengeluaran lebih besar daripada penerimaan maka negara mengalami defisit (kekurangan) anggaran. Pada umumnya, kebijakan anggaran defisit ditempuh pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Kebijakan anggaran surplus yaitu kebijakan anggaran dengan cara menyusun pengeluaran lebih kecil dari penerimaan. Kebijakan ini umumnya dilakukan pemerintah untuk mencegah inflasi (kenaikan harga akibat terlalu banyak jumlah uang yang beredar). Dengan memperkecil jumlah pengeluaran (belanja), diharapkan jumlah permintaan terhadap barang dan jasa tidak meningkat.

Kebijakan anggaran dinamis yaitu kebijakan anggaran dengan cara terus menambah jumlah penerimaan dan pengeluaran sehingga semakin lama semakin besar (tidak statis). Anggaran yang dinamis diperlukan karena semakin hari semakin banyak kegiatan pembangunan yang harus dibiayai negara, yang membutuhkan dana lebih besar. space space

Artikel Terkait:   informasi yang disampaikan melalui iklan harus disajikan secara menarik sehingga