8. Observasi dapat dilakukan secara langsung dengan cara…

A. Melihat
B. Membaca
C. Mendengarkan informasi
D. Membaca berita
E. Mendapatkan berita

8. Observasi dapat dilakukan secara langsung dengan cara A. Melihat

Pembahasan

Observasi adalah kegiatan melihat suatu objek dengan tujuan memahami pengetahuan dari sebuah kejadian berdasarkan pengetahuan sebelumnya dan mencatat nya sebagai hasil observasi.

Observasi dapat dilakukan dengan dua cara, langsung dan tidak langsung.

Observasi langsung dapat dilakukan dengan mendatangi lokasi, melihat sendiri dan mencatat hasil pengamatan sebagai hasil observasi.

Observasi tidak langsung dapat dilakukan dengan cara mendengarkan atau membaca berita dari sumber lain, seperti koran, radio, televisi, internet, dll.  

Manfaat melakukan observasi yaitu:

  1. Menambah pengetahuan tentang hal –hal baru yang sebelumnya belum kita ketahui atau sudah kita ketahui tapi belum terlalu jelas tentang kebenarannya.
  2. Dengan adanya kita melakukan observasi kita bisa mengkonfirmasi sesuatu yang telah kita observasi dengan bukti hasil penelitian yang kita lakukan.
  3. Memberikan gambaran dunia nyata dengan deskripsi observasi kita lakukan.
  4. Dengan mengadakan observasi kita dapat menguji kualitas serta menjelaskan proses peristiwa yang berlangsung.

Disamping memiliki manfaat dan kelebihan namun didalam melakukan observasi juga  mempunyai kelemahan atau kekurangan yaitu dibutuhkannya waktu yang cukup lama dalam melakukan observasi dan untuk mengamati kejadian yang sudah sangat lama tidak dapat dilakukan penelitian secara langsung.

Artikel Terkait:   konsep esensial geografi yang berkaitan dengan bentuk muka bumi adalah