Pemerintah Pusat dan Daerah menjamin akses setiap warga negara untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu melalui kebijakan pendidikan dasar 12 tahun. Selain itu, pemerintah pun memberikan bantuan akses pendidikan melalui berbagai program kebijakan lainnya. Harapannya, para remaja terutama yang berasal dari keluarga non-sejahtera, akan menjalani masa mudanya dengan mendapatkan akses pendidikan yang memadai sehingga membuat mereka merasa bahwa pendidikan merupakan hal yang lebih penting dibandingkan kehidupan sosial lainnya. Hal ini menandakan adanya fungsi laten pendidikan, yaitu …. 

  • A. menekan angka pernikahan dini pada usia remaja 
  • B. mengantisipasi penyimpangan yang terjadi di masa depan 
  • C. mempersiapkan siswa untuk mencari nafkah di masa depan  
  • D. memberikan pemahaman pada siswa mengenai arti penting masa remaja 
  • E. mengembangkan potensi yang dimiliki siswa dengan bakat yang dimiliki sejak remaja 

Jawaban : A

Pembahasan :

Beberapa faktor yang memengaruhi terjadinya pernikahan dini adalah faktor pendidikan rendah, faktor kebutuhan ekonomi, dan faktor kultur nikah muda. Kebijakan Pemerintah untuk menekan angka pernikahan dini melalui pendewasaan usia perkawinan anak diantaranya wajib belajar 12 tahun. Beberapa program untuk mengawali pendidikan dasar 12 tahun ini sudah dilakukan oleh Pemerintah, terutama bagi keluarga non-sejahtera, misalnya melalui Program Indonesia Pintar (PIP), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Bantuan Operasional Siswa (BOS), dan Bantuan Operasional Siswa Daerah (Bosda).

Fungsi laten lembaga pendidikan adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi pengendalian orang tua. Melalui pendidikan, orang tua melimpahkan tugas dan wewenangnya dalam mendidik anak kepada sekolah.
  2. Menyediakan sarana untuk pembangkangan. Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan pandangan antara sekolah dan masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya pendidikan seks dan sikap terbuka.
  3. Mempertahankan sistem kelas sosial. Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan status yang ada dalam masyarakat. Sekolah juga diharapkan menjadi saluran mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi atau paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.
  4. Memperpanjang masa remaja. Pendidikan sekolah dapat pula memperlambat masa dewasa seseorang karena masa remaja harus mereka lalui dengan bersekolah. Upaya yang dapat pemerintah lakukan agar anak tetap berada pada usia remajanya yaitu dengan menggagas program wajib belajar 12 tahun. Di mana di dalamnya terdapat berbagai program bantuan material agar anak tetap mendapatkan pendidikan dasar selama 12 tahun, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga non-sejahtera. Hal ini tentu dapat menekan angka pernikahan dini pada usia remaja.

Maka, berdasarkan pemaparan di atas jawaban yang tepat adalah A. 

Artikel Terkait:   berikut adalah alat yang dibutuhkan untuk membuat cerita bergambar kecuali