faktor ekonomi yang mendorong munculnya reformasi adalah

Gerakan Reformasi merupakan salah satu peristiwa sejarah Indonesia saat berakhirnya masa Orde Baru. Reformasi merupakan perubahan tatanan kehidupan lama menuju tatanan kehidupan baru yang lebih baik. Reformasi merupakan formulasi menuju Indonesia baru dengan tatanan baru. Reformasi terjadi karena kondisi politik dan ekonomi Indonesia pada masa Orde Baru tidak terkendali. Rakyat Indonesia menjadi semakin kritis dan menyatakan bahwa pemerintahan Orde Baru tidak berhasil menciptakan kehidupan masyarakat yang makmur, adil, dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Berikut ini merupakan faktor pendorong terjadinya gerakan reformasi:

  1. adapun faktor politik yang di antaranya, yaitu: adanya rasa tidak percaya karena KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme) di dalam pemerintahan, adanya keinginan demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. dan gerakan mahasiswa yang menginginkan perubahan.
  2. adapun faktor ekonomi yang di antaranya yaitu: adanya krisis mata uang rupiah, naiknya harga barang-barang kebutuhan masyarakat, sulitnya mendapatkan barang-barang kehidupan pokok.
  3. faktor sosial: adanya kerusuhan pada tanggal 13 dan 14 Mei 1998 terhadap etnis Tionghoa
  4. faktor hukum: belum adanya keadilan perlakuan hukum yang sama di antara warga negara.

Dengan demikian, faktor pendorong gerakan reformasi antara lain meliputi faktor politik, faktor ekonomi, faktor sosial masyarakat dan faktor hukum yang semuanya bertujuan untuk mendapatkan tata kehidupan negara yang baru untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang makmur, adil dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Artikel Terkait:   alat dan bahan untuk membuat bedug