dalam struktur debat pernyataan tersebut tergolong dalam bagian

Pembahasan

Pengertian debat:

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002: 242), debat merupakan pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Struktur teks debat:

  1. Pengantar, yaitu bagian yang berisi tentang topik yang akan dibantah, sering juga disebut sebagai isu.
  2. Argumen, yaitu struktur teks yang berisi rangkaian bukti atau alasan yang berfungsi untuk mendukung bantahan. Argumen bukan opini dan biasanya berupa fakta-fakta yang berhubungan dengan isu atau bahan debat dan didukung dengan bukti-bukti. Ciri-ciri argumen yang baik: (a) relevan; sebuah argumen yang kuat harus relevan dengan isu yang dibahas; (b) sistematis; argumen harus sistematis agar dapat dipahami dengan baik; (c) logis; (d) jelas dan sesuai fakta; dan (e) disertai bukti-bukti.
  3. Simpulan, yaitu bagian yang berisi pernyataan yang menegaskan bantahan.

Pada teks tersebut, frasa “saya tidak setuju” yang terdapat pada kalimat pertama menunjukkan bahwa hal yang dinyatakan dalam teks adalah sebuah argumen, yaitu menunjukkan ketidaksetujuan pembicara tentang penggunaan ponsel yang dianggap berbahaya. Selain itu, frasa “Menurut saya” yang terdapat pada kalimat ketiga juga menunjukkan bahwa hal yang dinyakan dalam teks merupakan argumen, yaitu menunjukkan pendapat pembicara tentang pengguna ponsel yang tidak bertanggung jawablah yang menyebabkan ponsel dapat membahayakan kehidupan mereka sendiri dan orang lain.

Sehingga, struktur teks debat pada pernyataan tersebut adalah argumen.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space

Artikel Terkait:   ketika magnet bergerak memasuki kumparan jarum galvanometer