amanat yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah

Hikayat adalah karya sastra lama Melayu berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat-sifat itu, dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau sekadar untuk meramaikan pesta. Dalam penyusunannya terdapat unsur-unsur yang memengaruhi penceritaan. Salah satunya adalah unsur intrinsik atau unsur di dalam cerita yang memengaruhi isi cerita.

Unsur intrinsik hikayat, di antaranya terdiri atas tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang, amanat, dan gaya bahasa.​​​​​ Salah satu unsur instrinsik yang terdapat dalam hikayat adalah amanat, yaitu pesan moral yang hendak disampaikan oleh pengarang.

Pada hikayat di atas diceritakan bahwa raja yang berubah menjadi Si Miskin harus merasakan kehidupan yang sulit, terutama untuk mencari nafkah. Si Miskin harus berkeliling mencari makan meskipun selalu dilempari batu dan kayu oleh orang-orang. Ia juga memakan makanan yang ia dapatkan dari sampah. Walaupun kehidupan Si Miskin jauh dari kondisi nyaman dan berkecukupan, Si Miskin dan istrinya tetap melalui hari-hari mereka dengan selalu berusaha dan tabah. Melalui hal ini, amanat yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah ketabahan itu penting pada saat kita menghadapi kesulitan“, sebab Si Miskin selalu tabah menghadapi permasalahan dan kesulitan yang dilalui olehnya dan sang isteri. Selain itu, amanat lain yang hendak disampaikan ialah harus “berusahalah terus, jangan mudah menyerah pada keadaan“, sebab Si Miskin selalu berusaha dan tidak mudah menyerah pada keadaan untuk tetap mencari nafkah dan bertahan hidup.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B dan D.space

Artikel Terkait:   motif batik tulis lasem berbentuk apa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *