Penelitian awal para sosiolog menyatakan bahwa penyebab kemacetan di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, disebabkan perilaku pengemudi angkutan kota yang suka berhenti mendadak untuk menurunkan penumpang dan untuk mencari penumpang di tempat yang dilarang. Dalam penelitian terbaru, ditemukan bahwa kemacetan juga terjadi akibat aktivitas pejalan kaki atau penyeberang jalan yang menyebabkan terjadinya waktu hambatan sebesar 5 – 15 detik/kendaraan dan kecepatan rata-rata kendaraan menjadi 5 – 10 km/jam. Pernyataan tersebut menunjukkan sosiologi memiliki ciri ?

  • A. empiris dan nonetis 
  • B. teoretis dan empiris 
  • C.nonetis dan teoretis
  • D. kumulatif dan empiris 
  • E. teoretis dan kumulatif 

Jawaban : E

Pembahasan :

Penelitian awal yang dilakukan adalah teoretis karena peneliti menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan terhadap penyebab kemacetan, dan abstraksi tersebut merupakan kerangka dari unsur-unsur yang tersusun secara logis dan bertujuan menjalankan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori. Kemudian penelitian susulan yang dilakukan adalah kumulatif. Penelitian kumulatif disusun karena menyatakan penyebab kemacetan tidak hanya karena perilaku pengemudi angkutan kota yang suka berhenti mendadak untuk menurunkan penumpang dan untuk mencari penumpang di tempat yang dilarang, tetapi juga karena aktivitas pejalan kaki atau penyeberang jalan yang ada di jalan Lenteng Agung cukup banyak.

Sementara, penjelasan pada opsi lain adalah sebagai berikut.

  1. Empiris: sosiologi sebagai ilmu didasarkan pada pengamatan realitas dengan akal sehat dan indera, sehingga hasilnya tidak spekulatif.
  2. Non etis: sosiologi membahas masalah sosial tanpa mempertanyakan nilai baik atau buruk dari masalah yang sedang dibahas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Artikel Terkait:   besaran berikut yang mempunyai dimensi sama adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *