Sukseskan Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Melalui NGOPI

Al-Qur’an sebagai pedoman umat Islam dalam berpijak, perlu untuk dipelajari. Tak luput juga satuan pendidikan yang memfokuskan diri dalam mengembangkan potensi yang ada pada masing-masing peserta didiknya.

Madrasah Ibtidaiyah (MI) MWB Wonorejo dalam membingkai peserta didik dengan mengadakan NGOPI (Ngobrol Santai dan Tukar Pikiran) sebagai salah satu startegi pembelajaran Al-Qur’an.

Kegiatan yang dilakukan pada Kamis, 01 Desember 2021 mulai pukul 09.00 WIB diikuti oleh seluruh peserta didik. Pelaksanaanya di gedung 02 MI MWB Wonorejo. Saat kegiatan berlangsung, dihadiri oleh sederet tokoh penting Banom NU, tak luput juga jajaran guru formal maupun madrasah diniyah yang masuk keanggotaan di MI MWB Wonorejo.

Pembelajaran Al-Qur'an

Kegiatan NGOPI yang ditujukan untuk mengolah strategi pembelajaran dengan mindset keluar dari zona nyaman dengan memanfaatkan waktu luang peserta didik dalam mempelajarai Al-Qur’an, dibalut berbagai rangkaian acara. Kegiatan meliputi serangkaian acara pembukaan yang dilajut dengan materi NGOPI.

Bapak Rifai Zainal Abidin selaku Ketua Yayasan MI MWB WONOREJO, menjelaskan bahwa anak didik maksimal kelas 5 MI sudah hatam Alqur’an dan hafal surat surat juz ama, serta ber aklaul karimah.

Pada inti kegiatan, yaitu materi pembelajaran Al-Qur’an yang diisi oleh Ustadz Shokibul Marbaits, S.Ps.I., M.Ps.I. berpesan kepada pengajar agar mengurangi fanatisme dalam membimbing Al-Qur’an, sehingga peserta didik dapat diarahkan dalam setiap pembelajaran Al-Qur’an yang berkualitas dan dampaknya dapat mencetak diri menjadi anak sholeh-sholehah yang ahli dalam Al-Qur’an.

Artikel Terkait:   Alfi Fariha, Termotivasi Sang Ibu Kini Terpilih Duta Pelajar NU Blitar