watak tokoh aku dalam penggalan cerita tersebut adalah….

Pertanyaan

Bacalah penggalan cerpen berikut!

Ibu sedang bercerita tentang penembakan dan saudara-saudaraku yang hilang tapi aku tidak bisa mendengarkan karena aku sedang meniupkan seruling dengan perasaan yang rawan yang menggerakkan kenyataan ke dalam diriku yang begitu kosong sehingga setiap kota yang mengalir bergaung tanpa perbedaan tanpa keinginan tanpa impian sampai kenangan tercetak di atas piring itu tersayat bersama daging hewan-hewan yang dimakan setengah matang atas nama peradaban yang begitu kelabu seperti kabut pagi itu yang mendekapku dalam dingin yang mengeluarkan bisikan seperti rintihan berkepanjangan.

(Saksi Mata, Seno Gumira Ajidarma)space

Watak tokoh aku dalam penggalan cerpen di atas adalah ….space

A.jujur, baik hatispace

B. iri hati, dengkispace

C. kesal, dendamspace

D. dengki, marahspace

E. optimistis, pengertianspace

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.space

Pembahasan

Cerita pendek adalah salah satu jenis prosa yang isi ceritanya bukan kejadian nyata dan hanya dibuat-buat. Jumlah kata di dalam cerita pendek tidak lebih dari 10.000 kata. Penulisan cerita pendek menggunakan gaya bahasa yang naratif, padat dan langsung kepada inti cerita.

Watak tokoh sering juga disebut sebagai penokohan. Penokohan merupakan gambaran watak atau karakter yang diberikan oleh pengarang terhadap tokoh-tokoh dalam cerita. Penokohan ini berkaitan dengan sikap, keinginan, ketertarikan, emosi, dan prinsip moral yang dimiliki tokoh-tokoh dalam cerita.

Watak tokoh aku dalam penggalan cerpen di atas adalah kesal, dendam. Hal ini dapat dilihat dari isi cerpen yang memaparkan mengenai kekesalan tokoh aku atas hilangnya saudara yang dimilikinya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Artikel Terkait:   bagaimana cara menghormati orang tua dan guru