jelaskan 3 suku bangsa di indonesia mengenai

1. Suku Batak

Suku Batak adalah salah satu suku di Indonesia yang dimana berasal dari daerah pronvinsi Sumatera Utara, Indonesia lebih tepatnya sendiri, suku Batak ini berasal dari daerah Pantai Barat dan Pantai TImur. Suku Batak sendiri adalah salah satu dari suku bangsa yang besar di Indonesia. Untuk klasifikasinya sendiri, Suku Batak ini dapat dikategorikan menjadi beberapa bagian yang dapat dianggap sebagai suku batak, yaitu Suku Toba, Suku Karo, Suku Pak Pak, Suku Simalungun, Suku Angkola, dan Suku Mandialing. Suku ini memilik bahasa yang dimana digunakan pada kehidupan sehari-harinya yaitu Bahasa Angkola, Bahasa Mandailing, Bahasa Pak Pak, Bahasa Simalngun, Bahasa Toba, dan Bahasa Toba. Untuk pakaian daerahnya sendiri, suku Batak ini menggunakan pakaian yang disebut dengan pakaian Ulos.

2. Suku Minang

Suku Minang adalah sebuah suku yang berasal dari daerah hampir sebagian dari wilayah daratan Pulau Sumatera, yaitu meliput daerah Provinsi Sumatera Barat, sebagian dari Provinsi Riau, sebagian utara dari Provinsi Bengkulu, sebagian barat dari Provinsi Jambi, Pantai Barat dari Provinsi Sumatera Barat, sebagian barat daya dari Provinsi Aceh, dan daerah Negeri Sembilan di Malaysia. Untuk bahasa yang digunakan oleh suku Minang ini juga ada beberapa yaitu Bahasa Minang, Bahasa Indonesia dan juga Bahasa Melayu. Kemudian, untuk pakaian adat dari suku Minang tersebut dikenal juga dengan sebutan Bundo Kanduang.

3. Suku Betawi

Suku Betwai adalah orang-orang yang tinggal di daerah Jakarta. Kemudian untuk bahasa yang digunakan adalah Bahasa Betawi dan Bahasa Indonesia.

Untuk pakaian adat sendiri pakaian ini disebut dengan pakaian Baju Ujung Serong.

Artikel Terkait:   salah satu contoh upaya pembangunan berkelanjutan adalah