sebutkan empat macam tangga nada pentatonik di indonesia

sebutkan empat macam tangga nada pentatonik di indonesia

 

Jawaban:

Tangga Nada Pentatonik

Sesuai namanya, tangga nada pentatonis, penta (lima), dan tone (nada) adalah tangga nada yang hanya menggunakan 5 nada pokok. Tangga nada ini populer dikalangan musik blues, rock n’ roll, dan variasi lagu-lagu pop. Tangga nada pentatonis dibagi menjadi 2 yaitu, slendro; dapat dilakukan dengan menyusun nada ke 1 – 2 – 3 – 5 – 6, dan pelog; dapat dilakukan dengan menyusun nada ke 1 – 3 – 4 – 5 – 7.

 

Tangga Nada Diatonis

 

Yaitu tangga nada yang mempunyai 7 nada dan mempunyai 2 macam interval nada yaitu 1 (satu) dan ½ (setengah). Tangga nada diatonis dibagi menjadi 2 macam. Berikut ini adalah penjelasannya.

 

Tangga Nada Mayor

 

Tangga nada ini sangat umum digunakan untuk lagu-lagu pop yang bernuansa ceria, semangat dan bahagia.

 

Tangga Nada Minor

 

Tangga nada minor dibagi menjadi tiga jenis, yaitu; tangga nada minor asli, tangga nada minor harmonis, dan tangga nada minor melodis. Berikut ini adalah penjelasannya.

 

1. Tangga Nada Minor Asli

 

Yaitu tangga nada minor yang hanya memiliki nada-nada pokok dan tanpa adanya nada sisipan. Misalnya A-B-C-D-E-F-G-A (tidak menggunakan tanda kromatis).

 

2. Tangga Nada Minor Harmonis

 

Tangga nada minor ini pada dasarnya adalah tangga nada minor yang nada ke-7 nya dinaikkan ½ nada, pada saat naik dan turun nadanya tetap sama.

 

3. Tangga Nada Minor Melodis

 

Tangga nada minor ini pada dasarnya adalah tangga nada minor yang nada ke-6 dan ke-7 nya dinaikkan ½ nada pada saat naik (menggunakan simbol kres). Kemudian, diturunkan ½ (menggunakan simbol mol) nada pada saat turun.

 

Tangga Nada Kromatis

 

Tangga nada ini menggunakan 12 nada yang berjarak 1/2. Kemudian, tangga nada kromatis ini dipengaruhi oleh tanda kromatis, yaitu tanda # (kruis) dan b (mol).

Artikel Terkait:   apa itu finance administration officer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *