Kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah adalah….

Kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah adalah….

A. Film “Ainun dan Habibie” merupakan kisah nyata yang diangkat dari sebuah novel.

B. “merdeka atau mati” seru Bung Tomo dalam pidatonya.

C. agenda rapat ini meliputi pemilihan ketua, sekretaris, dan bendahara.

D. saya kemarin tidak mengikuti ujian karena sakit

Dari opsi-opsi di atas, kalimat yang penulisannya tidak sesuai dengan kaidah terdapat pada opsi: B. “Merdeka atau mati” seru Bung Tomo dalam pidatonya.

 

Pembahasan

Opsi B salah, karena dalam penulisan kalimat langsung, kita harus menambahkan tanda baca sebelum tanda petik. Tanda baca yang ditambahkan bisa berupa koma (,), titik (.), tanda tanya (?), maupun tanda seru (!) tergantung pada konteks dialognya.

Pada dialog tag, kita bisa menemukan kata “seru Bung Tomo”. Hal ini menandakan bahwa dialog tersebut merupakan kalimat imperatif atau kalimat perintah yang membutuhkan tanda seru.

Sehingga kaidah yang tepat untuk penulisan kalimat tersebut adalah: “Merdeka atau mati!” seru Bung Tomo dalam pidatonya.

Dalam menuliskan kalimat yang sesuai kaidah kepenulisan, kita harus berpanduan pada KBBI dan EYD. Beberapa kaidah penulisan di antaranya:

  • Dalam menuliskan judul karya (buku, film, drama, dll.) kita harus menyertakan tanda petik. Contoh: Film “Ainun dan Habibie” diangkat dalam sebuah novel.
  • Dalam menuliskan tiga atau lebih objek yang sejenis, kita harus menggunakan tanda koma. Misal: Ketua, sekretaris, dan bendahara. Atau: Sendok, pisau, dan garpu.
  • Opsi D yang dituliskan pada soal di atas masih kurang tepat. Sebenarnya, pada soal aslinya, opsi D adalah: Saya kemarin tidak mengikuti ujian karena sakit. Sehingga, opsi D sudah benar.
Artikel Terkait:   era jembatan besi dan baja sejalan dengan adanya