Tidak Perlu Panik, Ikuti 3 Cara Atasi Kartu Kredit Diblokir

Cara atasi kartu kredit diblokir menjadi hal penting untuk banyak orang. Anda dapat menggunakan cara ini jika kartu tidak dapat digunakan. Kartu kredit menjadi salah satu jenis kartu yang penting untuk banyak orang. Pasalnya, kartu ini dapat memberikan kemudahan untuk semua pengguna. Anda dapat memperoleh efisiensi dalam transaksi hingga menghemat biaya belanja karena ada banyak promo atau juga cashback. Sayangnya, ada beberapa orang yang membutuhkan cara atasi kartu kredit diblokir.

Hal ini memang wajar terjadi mengingat ada berbagai macam penyebab kartu terblokir. Ada beberapa yang memang karena masalah lupa PIN atau salah memasukkan PIN karena tergesa – gesa, hingga penyebab lainnya juga. Selain itu, Anda juga dapat mengalami masalah ini ketika lupa melakukan aktivasi pada kartu. Ada juga yang memang meminta dari Bank untuk menutup kartu karena masalah keamanan. Lalu, cara atasinya?

3 Cara Atasi Kartu Kredit Diblokir

Tentunya, ada berbagai langkah yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan kartu kredit seperti semula. Anda dapat kembali menggunakan kartu ketika mendapatkan izin dari Bank. Untuk jenis blokir sendiri ada dua, yaitu jenis permanen dan sementara. Jika sudah diblokir permanen, Anda harus ganti kartu fisik. Jika masih sementara, aktifkan dalam 1 × 24 jam. Yuk, cek caranya!

Hubungi call center

Langkah mudah yang dapat Anda lakukan jauh lebih dulu adalah menghubungi call center. Langkah ini berlaku untuk kedua jenis masalah yang terjadi. Hanya saja, tujuan menghubungi berbeda. Anda hanya perlu langsung aktifkan kartu jika masih dalam kasus diblokir sementara. Cukup ikuti instruksi yang ada untuk dapat menggunakan kartu Anda kembali. Hubungi sesuai Bank penerbit kartu.

Lalu, jika untuk kartu kredit yang diblokir secara permanen, Anda dapat menggunakan langkah yang sama. Hubungi call center Bank yang menerbitkan kartu kredit Anda. Kemudian, Anda perlu meminta pengganti kartu. Bank hanya akan meminta data Anda untuk membuat kartu baru. Berikan saja data seperti saat Anda membuat kartu sebelumnya. Misalnya, nomor KTP hingga tanggal lahir.

Dalam cara atasi kartu kredit diblokir khusus untuk BCA, Anda tidak perlu repot. Tentunya, tidak harus menghubungi call center juga. Ketika ada kartu yang terblokir, secara otomatis Bank akan mengirimkan kartu yang baru kepada nasabah. Anda dapat menunggu hingga mendapatkan kartu baru selama 30 hari. Jika tidak dikirim ke alamat yang sama dahulu, barulah hubungi call center.

Tunggu kartu tiba

Jika sudah menyelesaikan berbagai macam data yang diminta oleh Bank dalam membuat kartu baru. Maka, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga kartu baru sampai. Biasanya, tidak akan memakan waktu yang lama jika tidak ada masalah atau antrian yang menunggu. Anda hanya perlu tunggu 3 sampai 5 hari saja dalam pengiriman kartu pengganti. Bayar biaya dari 30 hingga 100 ribu.

Aktivasi kartu

Untuk mencegah kartu kredit kembali diblokir, ada baiknya untuk melakukan aktivasi secepatnya. Buka kartu yang dikirimkan dari amplop dan Anda dapat melakukan aktivasi dengan berbagai macam platform. Tidak harus ke Bank lagi untuk melakukan aktivasi. Anda dapat menggunakan aplikasi mobile kemudian nomor telepon hingga SMS dengan format tertentu.

Beberapa langkah tersebut dapat Anda lakukan dalam cara atasi kartu kredit diblokir. Jika sudah, kartu dapat kembali Anda gunakan sesuai dengan keinginan dalam transaksi. Pastinya, langkah ini mudah dan menjadi solusi untuk kartu yang tidak dapat digunakan.

 

 

Artikel Terkait:   Cara Mendapatkan Cashback Kartu Kredit Untung Banyak