hubungan antara jaringan tumbuhan struktur sel penyusun dan fungsinya

Pembahasan

Jaringan merupakan sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Pada tumbuhan terdapat beberapa tipe jaringan, di antaranya:

  1. Jaringan Epidermis: Tersusun atas sel-sel rapat, tidak berklorofil, dan berfungsi sebagai pelindung, seleksi zat masuk, dan kontrol zat keluar. Termodifikasi menjadi berbagai tipe diantaranya: stomata, lentisel, trikoma, rambut akar, duri, dan sebagainya.
  2. Jaringan parenkim: sel-selnya tersusun secara renggang maupun rapat. Jaringan ini memiliki banyak fungsi, di antaranya untuk penyimpanan seperti menyimpan air, udara, dan juga cadangan makanan. Selain itu, jaringan parenkim juga berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis, yaitu jaringan palisade yang tersusun rapat dan bunga karang yang tersusun renggang.
  3. Jaringan pengangkut, berfungsi untuk mengangkut berbagai zat pada tumbuhan. Terdapat 2 jenis jaringan pengangkut, yaitu xilem dan juga floem. Xilem merupakan jaringan pengangkut yang berfungsi untuk mengangkut air dan unsur hara dari akar ke daun, sedangkan floem merupakan jaringan pengangkut yang berfungsi untuk menyebarkan hasil fotosintesis ke seluruh tubuh tumbuhan.
  4. Jaringan penyokong, berfungsi untuk menyokong tumbuhan. Terdapat dua jenis jaringan penyokong, yaitu sklerenkim dan kolenkim. Jaringan sklerenkim merupakan jaringan penyokong pada tumbuhan berkayu dan tumbuhan yang dewasa dan juga dapat ditemukan pada kulit biji atau kulit buah, misalnya pada tempurung kelapa. Sedangkan jaringan kolenkim merupakan jaringan penyokong pada tumbuhan herba dan juga tumbuhan yang masih muda.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Artikel Terkait:   masalah yang dibahas cara keledai membaca buku