ide pokok dalam teks eksposisi

Pembahasan

Gagasan pokok atau ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan atau inti sebuah paragraf. Ide pokok terdapat dalam kalimat utama. Ide pokok dan kalimat utama berfungsi memberitahu pembaca tentang apa yg diperbincangkan dalam paragraf itu dan menjadi sandaran bagi kalimat-kalimat lain dalam paragraf itu.

Adapun langkah-langkah untuk menentukan ide pokok, yaitu:

  1. Menentukan kalimat utama dalam paragraf.
    Kalimat utama bisa terletak di awal kalimat (deduktif), di akhir kalimat (induktif), atau berada di awal-akhir kalimat (campuran).
  2. Menentukan inti kalimat dari kalimat utama.
    Inti kalimat adalah satuan proporsi singkat yang terbentuk di dalam sebuah kalimat yang kompleks. Umumnya inti kalimat dibentuk oleh pasangan fungsi gramatik minimal yaitu subjek dan predikat; atau subjek, predikat, dan objek pada kalimat dengan verba transitif.

Kalimat utama dari teks eksposisi di atas terletak di awal kalimat, tepatnya yang berbunyi “Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, yang dimotori dengan adanya revolusi industri dan Internet of Things, tidak menutup kemungkinan bahwa bidang Information Technologi (IT) akan semakin berkembang pesat di masa yang akan datang. Sesuai dengan bunyi dari kalimat utama tersebut, ide pokok teks eksposisi di atas adalah “Bidang Sistem Informasi Teknologi semakin berkembang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. space

Artikel Terkait:   peralatan yang tidak digunakan dalam perlombaan tolak peluru yaitu