Para penyandang disabilitas mengalami kesulitan memanfaatkan berbagai layanan dan fasilitas secara mandiri. Padahal, layanan dan fasilitas tersebut seharusnya menjadi milik bersama. Beberapa layanan belum banyak yang menyediakan tenaga pendamping untuk para penyandang disabilitas ataupun petunjuk teknis yang bertuliskan huruf braille. 

Realitas yang muncul dalam ilustrasi tersebut adalah …. 

  • A. ketidakadilan bagi kelompok minoritas akibat perubahan dalam fasilitas publik
  • B. ketimpangan akses memengaruhi kesejahteraan ekonomi penyandang disabilitas  
  • C. subordinasi kepada penyandang disabilitas menyebabkan ketimpangan akses sarana publik
  • D. modernisasi dalam fasilitas publik menyebabkan ketimpangan bagi penyandang disabilitas
  • E. ada prasangka negatif kepada penyandang disabilitas sehingga memunculkan ketimpangan

Jawaban : C

Pembahasan :

Ketimpangan sosial dalam akses sarana publik masih terjadi. Dalam hal ini, kaum-kaum rentan, seperti penyandang disabilitas, sulit untuk membangun kemandirian dalam mengakses berbagai sarana publik.

Konsep penting yang berkaitan dengan hal ini adalah subordinasi atau penomorduaan. Subordinasi adalah salah satu bentuk ketidakadilan yang di dalamnya terdapat pembedaan perlakuan terhadap identitas sosial tertentu, dalam hal ini adalah penyandang disabilitas. Subordinasi ini dapat disebabkan oleh suatu kebiasaan atau pandangan yang sudah melekat di masyarakat terhadap kelompok disabilitas, maupun disebabkan oleh suatu kebijakan. 

Pembedaan perlakuan terhadap penyandang disabilitas inilah yang kemudian menyebabkan sarana-sarana publik menjadi kurang ramah bagi penyandang disabilitas. Pada akhirnya, hal ini menyebabkan ketimpangan dalam akses sarana publik antara penyandang disabilitas sebagai kaum minoritas dengan masyarakat luas. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Artikel Terkait:   ciri ciri reaksi fermentasi adalah