istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah

Pembahasan

Teks eksposisi merupakan sebuah teks yang berisi sebuah informasi yang berupa gagasan pendapat dan fakta yang bertujuan untuk memberikan sebuah informasi dan pengetahuan kepada pembaca mengenai suatu hal.

Salah satu kaidah kebahasaan teks eksposisi adalah penggunaan istilah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu.

Untuk mengetahui istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut, kita harus mencari makna setiap kata dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia dan melihat konteks kalimat.

Makna kata-kata tersebut:

  • rekonsiliasi: Perbuatan memulihkan hubungan persahabatan ke keadaan semula; perbuatan menyelesaikan perbedaan.
  • konservasi: Pemeliharaan dan pelindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan; pengawetan; pelestarian.
  • evakuasi:  Pengungsian atau pemindahan penduduk dari daerah-daerah yang berbahaya, misalnya bahaya perang, bahaya banjir, meletusnya gunung api, ke daerah yang aman.
  • evaluasi: Pengumpulan dan pengamatan dari berbagai macam bukti untuk mengukur dampak dan efektivitas dari suatu objek, program, atau proses berkaitan dengan spesifikasi dan persyaratan pengguna yang telah ditetapkan sebelumnya. revisi: peninjauan (pemeriksaan) kembali untuk perbaikan.

Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) telah melakukan […] berkala terkait registrasi pelanggan.” Pada kalimat tersebut dibutuhkan konjungsi yang menyatakan pengamatan untuk mengukur efektivitas.

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah evaluasi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space

Artikel Terkait:   emas dan minyak bumi merupakan sumber daya alam yang