Budi utomo disebut sebagai organisasi pelopor pergerakan nasional karena

Budi utomo disebut sebagai organisasi pelopor pergerakan nasional karena Budi Utomo adalah Organisasi Pertama di Indonesia yang ingin meperjuangkan semangat nasionalisme kepada Masyarakat Indonesia. Budi Utomo ingin mengenalkan masyarakat Indonesia Bahwa Masyarakat Indonesia memiliki satu bangsa dan tanah Air bernama nusantara. Budi Utomo ingin mengajak masyarakat untuk memperjuangkan kemerdekaan indonesia bukan atas nama Suku, Agama, Ras , Adat Istiadat dan Ideologi, namun atas nama Nusantara.

Pembahasan

Membicarakan Pergerakan Nasional pasti tidak akan lepas dari Politik Etis, Pelajar, Budi Utomo dan Sumpah Pemuda. Budi Utomo adalah organisasi pelajar Indonesia dari sekolah School tot Opleiding van Indische Artsen yang memperjuangkan rasa nasionalisme. School tot Opleiding van Indische Artsen adalah sekolah kedokteran yang didirikan oleh pemerintah Belanda untuk Pelajar dan pemuda Indonesia. Pemerintah Belanda melakukan hal ini dikarenakan berlakunya politik etis atau politik balas budi di Belanda.

Budi Utomo didirikan Sutomo  pada 20 Mei 1908. Organisasi ini pada awalnya ditujukan untuk golongan pelajar Jawa di School tot Opleiding van Indische Artsen. Namun Seiring tumbuhnya nasionalisme siapapun boleh masuk ke dalam organisasi ini asalkan bertujuan untuk meperjuangkan nasionalisme dan memperoleh kemerdekaan bagi Indonesia dari Pemerintah Belanda.

Artikel Terkait:   tokoh dan watak dalam novel bumi manusia