berikut ini yang bukan merupakan jurnal khusus adalah

Jurnal khusus adalah jurnal yang dipakai untuk mencatat transaksi keuangan yang rutin dan sering terjadi dalam kegiatan bisnis perusahaan. Jurnal khusus biasa dipakai pada perusahaan dagang dan perusahaan besar lainnya yang memiliki transaksi banyak dan beragam. Teknis dari pemakaian jurnal khusus ini adalah ketika transaksi keuangan terjadi, seorang akuntan mengelompokkan dan mengidentifikasi transaksi tersebut dan mencatatnya ke dalam salah satu jurnal khusus yang sesuai.

Jurnal khusus terbagi menjadi 4 jenis, antara lain :

  • Jurnal Pembelian (Purchase Journal), digunakan untuk mencatat semua transaksi yang berhubungan dengan pembelian barang dagangan secara kredit.
  • Jurnal Penjualan (Sales Journal), dipakai untuk mencatat semua transaksi yang berhubungan dengan penjualan barang dagangan secara kredit.
  • Jurnal Penerimaan Kas (Cash Receipt Journal), digunakan untuk mencatat semua transaksi penerimaan uang tunai dari berbagai sumber.
  • Jurnal Pengeluaran Kas (Cash Payment Journal), dipakai untuk mencatat semua transaksi pengeluaran uang tunai berkaitan dengan operasional perusahaan.

Jadi, yang termasuk jurnal khusus adalah jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas. Diluar keempat jurnal tersebut bukan merupakan jurnal khusus. undefined

Artikel Terkait:   berikut hikmah dibalik peristiwa hijrah ke madinah kecuali