berikut ini adalah gambar proses transpor pada membran

Pembahasan

Untuk menjawab soal di atas, mari kita pahami kembali pengertian difusi, difusi terfasilitasi, dan osmosis berikut ini!

Difusi adalah penyebaran partikel zat terlarut (molekul atau ion) dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah tanpa melalui membran. Misal, sirup yang dimasukkan dalam air, molekul sirup akan menyebar dalam air meski tanpa diaduk.

Difusi terfasilitasi adalah perpindahan partikel zat terlarut dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah melalui membran selektif permeabel dengan bantuan protein (difasilitasi oleh protein).

Osmosis adalah perpindahan partikel pelarut dan konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi melalui membran selektif permeabel.

Peristiwa yang terjadi pada gambar di atas adalah molekul air berpindah dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi (dari kiri ke kanan) melalui membran selektif permeabel (osmosis). Kemudian ion garam berpindah dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah (dari kanan ke kiri) melalui membran selektif permeabel (difusi terfasilitasi)

Jadi sesuai opsi yang ada, prediksi tentang gambar di atas adalah molekul air dipindahkan secara osmosis dari konsentrasi rendah ke tinggi (D).

Artikel Terkait:   berikut yang bukan merupakan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks adalah