alasan indonesia berkonfrontasi dengan malaysia adalah

Pembahasan

konfrontasi antara Indonesia dengan Malaysia dilatarbelakangi oleh adanya keinginan negara federasi Malaya, yang ingin melakukan pembentukan Persekutuan Tanah Melayu. Tujuannya adalah agar dapat menggabungkan daerah Brunei, Sarawak, dan Sabah ke dalam Federasi Malaysia, yang dimana tindakan penyatuan ini merupakan pelanggaran atas  Persetujuan Manila yang ditandatangani oleh Indonesia, Filipina dan Federasi Malaysia.  

Situasi tersebut membuat  Presiden Soekarno yang mengatasnamakan bangsa Indonesia marah dan menuduh  Malaysia sebagai boneka imperialis Inggris,, yang berpotensi akan  melakukan penjajahan di wilayah nusantara dan  berpotensi pada terhambatnya revolusi Indonesia.  

Dengan adanya kemarahan ini, Konfrontasi dengan Malaysia kemudian diumumkan Presiden Sukarno dengan mengumumkan Dwi Komando Rakyat (Dwikora) pada tanggal 3 Mei 1964 di Jakarta.

Pembentukan Dwikora ini diikuti dengan pembentukan komando penyerangan atas Malaysia yang bernama Komando Mandala Siaga yang dipimpin oleh  Marsekal Madya Umar Dhani.

Beberapa langkah yang dilakukan Indonesia ketika berkonfrontasi dengan Malaysia adalah:

1. Membagi dua kekuatan dunia yang disebut dengan NEFO dan OLDEFO

2. Penarikan Indonesia atas keterlibatannya dengan PBB

3. Membentuk Poros Jakarta-Peking

4. Melaksanakan Politik Mercusuar

Artikel Terkait:   mengapa jaringan transmisi tegangannya sangat tinggi